Connect with us

Bali dan Nusa Tenggara

8 Tempat Wisata Keren di Sumbawa NTB Rekomendasi Turisindo

Rekomendasi tempat liburan keren di Sumbawa Nusa Tenggara Barat

Sumbawa adalah pulau terbesar yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau ini memiliki luas mencapai 14.386 km². Di tempat ini biasanya orang datang untuk melakukan pendakian di Gunung Rinjani yang memang punya kisah tersendiri. Komunitas pendaki juga suka mendaki Gunung Tambora. Namun, tempat wisata keren di Sumbawa NTB gak hanya itu loh, simak pembahasannya di bawah ini.

Pulau Sumbawa ini memang sudah sangat populer dikalangan para wisatawan, baik itu lokal, maupun internasional. Walaupun beberapa waktu lalu Lombok terkena bencana gempa bumi yang hebat, namun pulau ini memang punya daya tarik sendiri bagi para pengunjung.

Rasanya, jika ingin mengelilingi Nusa Tenggara Barat, gak akan cukup waktu tiga bulan, butuh waktu lebih, terutama daerah yang masih sejuk dan alami, dan bahkan yang belum tersentuh wisatawan.

Mari kita menjelajah, berikut ini tempat wisata keren di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat yang keren rekomendasi tim turisindo.

1. Pantai Ai Loang

Wisata Sumbawa NTB Pantai Ai Loang
Wisata Sumbawa NTB Pantai Ai Loang, credit: Visit Nusa Tenggara

Pantai Ai Loang berlokasi di Desa Penjaring, Kecamatan Moyo Utara, Sumbawa, NTB. Pantai ini keren banget buat kamu yang ingin menghilangkan stres. Dahulu, namanya bukan Ai Loang, melainkan Pantai Lamona.

Lokasi pantai ini sangat strategis dan tidak sulit. Lokasinya berbatasan langsung dengan laut flores untuk sebelah barat dan untuk sebelah timur berbatasan langsung dengan tanjung menangis, sedangkan untuk sebelah selatan berbatasan dengan Pulau Moyo, serta satu lagi bagian utara berbatasan dengan desa Ai Bari, Kecamatan Moyo Utara.

Ciri khas pantai ini adalah pasirnya yang bersih dan juga bebatuan yang indah serta cocok untuk dijadikan objek foto. Pantai ini menyediakan banyak fasilitas seperti flying fox dan gazebo yang ada disepanjang pantai.

Tiket masuk ke lokasi ini tidak mahal, karena kamu hanya cukup membayar 10 ribu saja untuk masuk dan untuk anak-anak hanya cukup membayar 5 ribu rupiah saja.

2. Pantai Lapade

Wisata Sumbawa NTB Pantai Lapade
Wisata Sumbawa NTB Pantai Lapade, credit: Sumbawa News

Pantai Lapade berlokasi di Kecamatan Utan, Sumbawa Besar, NTB. Dulunya tempat ini hanya dikenal dengan perkebunan mangga. Pantai ini sangat ramai oleh wisatawan lokal dan juga internasional, namun mayoritas memang para pengunjung lokal.

Biasanya orang-orang kesini untuk menikmati pemandangan pantai dan juga bermain banana boat serta snorkeling, dan juga memancing tentunya. Jalan masuk menuju lokasi ini bisa melalui sebelah kiri jalan dari arah Pelabuhan Pato Tano, dan kamu akan takjub melihat hamparah sawah yang hijau sebelum masuk ke jalan desa.

Wisata Sumbawa NTB Pantai Lapade
Wisata Sumbawa NTB Pantai Lapade, credit: Lapade Beach Tour

Untuk masuk ke lokasi ini kamu cukup membayar kurang dari 10 ribu rupiah, namun jika kamu ingin menggunakan fasilitas yang ada di tempat ini, kamu harus membayar biaya tambahan seperti 15 ribu rupiah untuk sampan kano, lalu 150 ribu rupiah untuk banana boat (untuk 5 orang) dengan waktu kurang lebih 20 menit.

3. Pantai Rantung

Wisata Sumbawa NTB Pantai Rantung
Wisata Sumbawa NTB Pantai Rantung, credit: Flickr

Pantai Rantung berlokasi di Sekongkang Bawah, Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB. Untuk menuju lokasi ini, kamu bisa menggunakan jalur selatan dari arah Pelabuhan Tano dan kamu harus melewati daerah Taliwang, Jereweh, Maluk dan Sekongkang dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam.

Pasir putih yang membentang sepanjang Pantai Rantung menjadi keistimewaan tersendiri lokasi ini. Jika kamu datang pada waktu siang hari, kamu akan melihat para peselancar air yang sedang bermain dengan ombak di laut. Ombak yang ada di Pantai Rantung itu disebut dengan Yoyo’s.

Wisata Sumbawa NTB Pantai Rantung
Wisata Sumbawa NTB Pantai Rantung, credit: maripelesir

Yang bikin keren Pantai Rantung adalah tempat ini sering dipercaya sebagai tuan tumah kejuaraan surfing tingkat ASIA, salah satunya adalah “The 2016 Asian Surfing Championship Tour Calendar”.

Untuk kamu yang doyan kuliner, kamu bisa menikmati hidangan laut pizza, ayam, dan juga daging sapi dengan berbagai macam cita rasa yang disajikan di restoran hotel-hotel yang ada disekitaran Pantai Rantung ini.

4. Pantai Lawar

Wisata Sumbawa NTB Pantai Lawar
Wisata Sumbawa NTB Pantai Lawar, credit: iqbalkautsar.com

Pantai Lawar berlokasi di Sekongkang Bawah, Sekongkang, Kabupaten Sumbawa, NTB. Di tempat ini kamu bisa menemukan ketenangan dan juga kenyamanan, ditambah lagi dengan suara deburan ombak yang keras membuat kita nyaman memejamkan mata sambil berbaring disini.

Tempat ini juga keren karena punya pemandangan bawah laut yang luar biasa bagusnya. Kamu bisa menikmatinya dengan snorkeling karena memang biota laut dan pemandangan bawah lautnya cukup bikin kita takjub.

Wisata Sumbawa NTB Pantai Lawar
Wisata Sumbawa NTB Pantai Lawar, credit: Pegipegi.com

Tak hanya para penyelam, banyak juga komunitas memancing yang sering memancing disini, bahkan orang-orang di luar komunitas tapi punya hobi memancing juga bisa banget mancing di tempat ini.

Untuk menuju Pantai Lawar, kamu bisa berjalan dari Sekongkang dengan menggunakan kendaraan di jalur darat melewati kebun-kebun penduduk. Pantai ini berpasir halus, sepi dan diapit oleh dua tebing yang lumayan cukup tinggi. Kamu juga bisa berjalan dari Kota Mataram dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum Bis Damri jurusan Mandalika-Sekongkang dengan waktu tempuh sekitar 5 jam loh, yuk kesini.

5. Air Terjun Mata Jitu

Wisata Sumbawa NTB Air Terjun Mata Jitu
Wisata Sumbawa NTB Air Terjun Mata Jitu, credit: Indonesia Kaya

Air Terjun Mata Jitu berlokasi di Dusun Oiramu, Desa Labuhan Aji, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, NTB. Tempat ini termasuk tersembunyi dan tertutup oleh pepohonan di hutan Pulau Moyo. Panorama yang asri, lengkap dengan deretan tanpa spasi pohon yang rimba dan hal ini tidak seperti air terjun lainnya di Sumbawa.

Yang bikin keren tempat ini adalah kamu akan melewati empat undak yang menyerupai tangga dimana mengalir air terjun dari hulu dan juga tempat ini memiliki tujuh kolam di bawah-nya.

Nama “Mata Jitu” ini diambil karena memiliki makna mata air yang jatuh tepar di kolam yang berada di bawah secara berurutan, kurang lebih konsepnya hampir mirip terasering yang ada di sawah. Terakhir yang bikin kita takjub, lokasi ini pernah didatangi putri Kerajaan Inggris, Lady Diana dan menyebut lokasi ini dengan sebutan “Queen Waterfall Sumbawa”.

Untuk menuju ke loaksi ini, ada dua perahu penumpang yang melayani perjalanan Sumbawa ke pulau Moyo yang secara bergantian setiap harinya. Biaya ke pulau Moyo berkisar 50 ribu rupiah sampai dengan 70 ribu rupiah per orang menggunakan perahu umum itu.

6. Air Terjun Agal

Wisata Sumbawa NTB Air Terjun Agal
Wisata Sumbawa NTB Air Terjun Agal, credit: Traveling Yuk

Air Terjun Agal berlokasi di Desa Maranteh, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, NTB. Kamu bisa menuju ke lokasi ini dengan melakukan perjalanan dari Kota Sumbawa Besar. Untuk menuju Dusun Beru Desa Marente, kamu membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Tempat ini hanya satu dari sekian air terjun yang ada di Gunung Agal. Selain Air Terjun Agal, juga ada Air Terjun Seketok dan Air Terjun Sebra yang berada di Gunung Agal ini.

Wisata Sumbawa NTB Air Terjun Agal
Wisata Sumbawa NTB Air Terjun Agal, credit: Genpi.co

Kamu akan menikmati keindahan alam disepanjang perjalanan menuju lokasi ini, terutama pada saat kamu melewati jalan setapak dan saat menyeberangi sungai, dua jam yang berarti akan menunggu kamu jika kamu datang ke tempat ini.

7. Situs Aik Renung

Wisata Sumbawa NTB Situs Aik Renung
Wisata Sumbawa NTB Situs Aik Renung, credit: Wisata Lombok

Situs Aik Renung berlokasi di Batu Tering, Sumbawa Besar, NTB. Destinasi wisata ini merupakan peninggalan zaman megalitikum loh. Di tempat ini juga ada beberapa peninggalan seperti kuburan baru atau yang sering disebut dengan Sarkofagus.

Di Situs Aik Renung ini terdapat beberapa lokasi yang punya sarkofagus, misalnya di tempat pertama ada sarkofagus yang lengkap dengan penutup di atasnya, dan di lokasi lain kamu akan menemukan beberapa sarkofagus lain yang punya ukiran unik.

Wisata Sumbawa NTB Situs Aik Renung
Wisata Sumbawa NTB Situs Aik Renung, credit: Ayo ke Sumbawa

Disekitaran tempat ini juga terdapat gua uang sering dijadikan tempat bersarangnya kelelawar. Tempat ini bernama Liang Bukal.

8. Desa Mantar

Wisata Sumbawa NTB Dsa Mantar
Wisata Sumbawa NTB Dsa Mantar, credit: Traveling Yuk

Desa Mantar berlokasi di Kecamatan Pototano, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB. Desa ini disebut juga dengan desa wisata dan berada di atas bukit dengan ketinggian 630 meter di atas permukaan laut.

Saking keren dan kecenya, tempat ini pernah dijadikan lokasi syuting film “Serdadu Kumbang” yang dibuat oleh sutradara Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen yang bercerita tenrang kehidupan tiga akan yang punya cita-cita tinggi dan tidak mudah menyerah dalam menjalani kehidupan.

Wisata Sumbawa NTB Dsa Mantar
Wisata Sumbawa NTB Dsa Mantar, credit: Lazwardy Journal

Ketika kamu sampai ke tempat ini, kamu akan menikmati hawa sejuk khas pegunungan dan juga deretan rumah panggung disebelah kiri dan kanan jalan. Dari desa ini kamu akan melihat pulau-pulau kecil yang ada disekitaran Poto Tano, seperti Pulau Kenawa yang juga tempat yang ramai oelh pengunjung dari berbagai wilayah di Indonesia.

Fahri Hamzah, wakil ketua umum Partai Gelora yang juga mantan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga pendiri GARBI (Gerakan Arah Baru Indonesia) ternyata juga berasal dari Nusa Tenggara Barat loh. Jadi apa kamu ingin menjadi politisi, atau jadi penikmat alam di Nusa Tenggara Barat nih?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bali dan Nusa Tenggara

Wisata Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Continue Reading

Bali

Wisata Bukit Campuhan Bali

Continue Reading

Bali dan Nusa Tenggara

Galeri Foto Tempat Liburan di Kupang

Continue Reading

Facebook

Timeline

Kenalan Yuk!

Trending

Copyright © 2020 Turisindo.com