Connect with us

Bali dan Nusa Tenggara

8 Tempat Wisata Keren di Sumbawa NTB Rekomendasi Turisindo

Rekomendasi tempat liburan keren di Sumbawa Nusa Tenggara Barat

Sumbawa adalah pulau terbesar yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau ini memiliki luas mencapai 14.386 km². Di tempat ini biasanya orang datang untuk melakukan pendakian di Gunung Rinjani yang memang punya kisah tersendiri. Komunitas pendaki juga suka mendaki Gunung Tambora. Namun, tempat wisata keren di Sumbawa NTB gak hanya itu loh, simak pembahasannya di bawah ini.

Pulau Sumbawa ini memang sudah sangat populer dikalangan para wisatawan, baik itu lokal, maupun internasional. Walaupun beberapa waktu lalu Lombok terkena bencana gempa bumi yang hebat, namun pulau ini memang punya daya tarik sendiri bagi para pengunjung.

Rasanya, jika ingin mengelilingi Nusa Tenggara Barat, gak akan cukup waktu tiga bulan, butuh waktu lebih, terutama daerah yang masih sejuk dan alami, dan bahkan yang belum tersentuh wisatawan.

Mari kita menjelajah, berikut ini tempat wisata keren di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat yang keren rekomendasi tim turisindo.

1. Pantai Ai Loang

Wisata Sumbawa NTB Pantai Ai Loang
Wisata Sumbawa NTB Pantai Ai Loang, credit: Visit Nusa Tenggara

Pantai Ai Loang berlokasi di Desa Penjaring, Kecamatan Moyo Utara, Sumbawa, NTB. Pantai ini keren banget buat kamu yang ingin menghilangkan stres. Dahulu, namanya bukan Ai Loang, melainkan Pantai Lamona.

Lokasi pantai ini sangat strategis dan tidak sulit. Lokasinya berbatasan langsung dengan laut flores untuk sebelah barat dan untuk sebelah timur berbatasan langsung dengan tanjung menangis, sedangkan untuk sebelah selatan berbatasan dengan Pulau Moyo, serta satu lagi bagian utara berbatasan dengan desa Ai Bari, Kecamatan Moyo Utara.

Ciri khas pantai ini adalah pasirnya yang bersih dan juga bebatuan yang indah serta cocok untuk dijadikan objek foto. Pantai ini menyediakan banyak fasilitas seperti flying fox dan gazebo yang ada disepanjang pantai.

Tiket masuk ke lokasi ini tidak mahal, karena kamu hanya cukup membayar 10 ribu saja untuk masuk dan untuk anak-anak hanya cukup membayar 5 ribu rupiah saja.

2. Pantai Lapade

Wisata Sumbawa NTB Pantai Lapade
Wisata Sumbawa NTB Pantai Lapade, credit: Sumbawa News

Pantai Lapade berlokasi di Kecamatan Utan, Sumbawa Besar, NTB. Dulunya tempat ini hanya dikenal dengan perkebunan mangga. Pantai ini sangat ramai oleh wisatawan lokal dan juga internasional, namun mayoritas memang para pengunjung lokal.

Biasanya orang-orang kesini untuk menikmati pemandangan pantai dan juga bermain banana boat serta snorkeling, dan juga memancing tentunya. Jalan masuk menuju lokasi ini bisa melalui sebelah kiri jalan dari arah Pelabuhan Pato Tano, dan kamu akan takjub melihat hamparah sawah yang hijau sebelum masuk ke jalan desa.

Wisata Sumbawa NTB Pantai Lapade
Wisata Sumbawa NTB Pantai Lapade, credit: Lapade Beach Tour

Untuk masuk ke lokasi ini kamu cukup membayar kurang dari 10 ribu rupiah, namun jika kamu ingin menggunakan fasilitas yang ada di tempat ini, kamu harus membayar biaya tambahan seperti 15 ribu rupiah untuk sampan kano, lalu 150 ribu rupiah untuk banana boat (untuk 5 orang) dengan waktu kurang lebih 20 menit.

3. Pantai Rantung

Wisata Sumbawa NTB Pantai Rantung
Wisata Sumbawa NTB Pantai Rantung, credit: Flickr

Pantai Rantung berlokasi di Sekongkang Bawah, Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB. Untuk menuju lokasi ini, kamu bisa menggunakan jalur selatan dari arah Pelabuhan Tano dan kamu harus melewati daerah Taliwang, Jereweh, Maluk dan Sekongkang dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam.

Pasir putih yang membentang sepanjang Pantai Rantung menjadi keistimewaan tersendiri lokasi ini. Jika kamu datang pada waktu siang hari, kamu akan melihat para peselancar air yang sedang bermain dengan ombak di laut. Ombak yang ada di Pantai Rantung itu disebut dengan Yoyo’s.

Wisata Sumbawa NTB Pantai Rantung
Wisata Sumbawa NTB Pantai Rantung, credit: maripelesir

Yang bikin keren Pantai Rantung adalah tempat ini sering dipercaya sebagai tuan tumah kejuaraan surfing tingkat ASIA, salah satunya adalah “The 2016 Asian Surfing Championship Tour Calendar”.

Untuk kamu yang doyan kuliner, kamu bisa menikmati hidangan laut pizza, ayam, dan juga daging sapi dengan berbagai macam cita rasa yang disajikan di restoran hotel-hotel yang ada disekitaran Pantai Rantung ini.

4. Pantai Lawar

Wisata Sumbawa NTB Pantai Lawar
Wisata Sumbawa NTB Pantai Lawar, credit: iqbalkautsar.com

Pantai Lawar berlokasi di Sekongkang Bawah, Sekongkang, Kabupaten Sumbawa, NTB. Di tempat ini kamu bisa menemukan ketenangan dan juga kenyamanan, ditambah lagi dengan suara deburan ombak yang keras membuat kita nyaman memejamkan mata sambil berbaring disini.

Tempat ini juga keren karena punya pemandangan bawah laut yang luar biasa bagusnya. Kamu bisa menikmatinya dengan snorkeling karena memang biota laut dan pemandangan bawah lautnya cukup bikin kita takjub.

Wisata Sumbawa NTB Pantai Lawar
Wisata Sumbawa NTB Pantai Lawar, credit: Pegipegi.com

Tak hanya para penyelam, banyak juga komunitas memancing yang sering memancing disini, bahkan orang-orang di luar komunitas tapi punya hobi memancing juga bisa banget mancing di tempat ini.

Untuk menuju Pantai Lawar, kamu bisa berjalan dari Sekongkang dengan menggunakan kendaraan di jalur darat melewati kebun-kebun penduduk. Pantai ini berpasir halus, sepi dan diapit oleh dua tebing yang lumayan cukup tinggi. Kamu juga bisa berjalan dari Kota Mataram dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum Bis Damri jurusan Mandalika-Sekongkang dengan waktu tempuh sekitar 5 jam loh, yuk kesini.

5. Air Terjun Mata Jitu

Wisata Sumbawa NTB Air Terjun Mata Jitu
Wisata Sumbawa NTB Air Terjun Mata Jitu, credit: Indonesia Kaya

Air Terjun Mata Jitu berlokasi di Dusun Oiramu, Desa Labuhan Aji, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, NTB. Tempat ini termasuk tersembunyi dan tertutup oleh pepohonan di hutan Pulau Moyo. Panorama yang asri, lengkap dengan deretan tanpa spasi pohon yang rimba dan hal ini tidak seperti air terjun lainnya di Sumbawa.

Yang bikin keren tempat ini adalah kamu akan melewati empat undak yang menyerupai tangga dimana mengalir air terjun dari hulu dan juga tempat ini memiliki tujuh kolam di bawah-nya.

Nama “Mata Jitu” ini diambil karena memiliki makna mata air yang jatuh tepar di kolam yang berada di bawah secara berurutan, kurang lebih konsepnya hampir mirip terasering yang ada di sawah. Terakhir yang bikin kita takjub, lokasi ini pernah didatangi putri Kerajaan Inggris, Lady Diana dan menyebut lokasi ini dengan sebutan “Queen Waterfall Sumbawa”.

Untuk menuju ke loaksi ini, ada dua perahu penumpang yang melayani perjalanan Sumbawa ke pulau Moyo yang secara bergantian setiap harinya. Biaya ke pulau Moyo berkisar 50 ribu rupiah sampai dengan 70 ribu rupiah per orang menggunakan perahu umum itu.

6. Air Terjun Agal

Wisata Sumbawa NTB Air Terjun Agal
Wisata Sumbawa NTB Air Terjun Agal, credit: Traveling Yuk

Air Terjun Agal berlokasi di Desa Maranteh, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, NTB. Kamu bisa menuju ke lokasi ini dengan melakukan perjalanan dari Kota Sumbawa Besar. Untuk menuju Dusun Beru Desa Marente, kamu membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Tempat ini hanya satu dari sekian air terjun yang ada di Gunung Agal. Selain Air Terjun Agal, juga ada Air Terjun Seketok dan Air Terjun Sebra yang berada di Gunung Agal ini.

Wisata Sumbawa NTB Air Terjun Agal
Wisata Sumbawa NTB Air Terjun Agal, credit: Genpi.co

Kamu akan menikmati keindahan alam disepanjang perjalanan menuju lokasi ini, terutama pada saat kamu melewati jalan setapak dan saat menyeberangi sungai, dua jam yang berarti akan menunggu kamu jika kamu datang ke tempat ini.

7. Situs Aik Renung

Wisata Sumbawa NTB Situs Aik Renung
Wisata Sumbawa NTB Situs Aik Renung, credit: Wisata Lombok

Situs Aik Renung berlokasi di Batu Tering, Sumbawa Besar, NTB. Destinasi wisata ini merupakan peninggalan zaman megalitikum loh. Di tempat ini juga ada beberapa peninggalan seperti kuburan baru atau yang sering disebut dengan Sarkofagus.

Di Situs Aik Renung ini terdapat beberapa lokasi yang punya sarkofagus, misalnya di tempat pertama ada sarkofagus yang lengkap dengan penutup di atasnya, dan di lokasi lain kamu akan menemukan beberapa sarkofagus lain yang punya ukiran unik.

Wisata Sumbawa NTB Situs Aik Renung
Wisata Sumbawa NTB Situs Aik Renung, credit: Ayo ke Sumbawa

Disekitaran tempat ini juga terdapat gua uang sering dijadikan tempat bersarangnya kelelawar. Tempat ini bernama Liang Bukal.

8. Desa Mantar

Wisata Sumbawa NTB Dsa Mantar
Wisata Sumbawa NTB Dsa Mantar, credit: Traveling Yuk

Desa Mantar berlokasi di Kecamatan Pototano, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB. Desa ini disebut juga dengan desa wisata dan berada di atas bukit dengan ketinggian 630 meter di atas permukaan laut.

Saking keren dan kecenya, tempat ini pernah dijadikan lokasi syuting film “Serdadu Kumbang” yang dibuat oleh sutradara Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen yang bercerita tenrang kehidupan tiga akan yang punya cita-cita tinggi dan tidak mudah menyerah dalam menjalani kehidupan.

Wisata Sumbawa NTB Dsa Mantar
Wisata Sumbawa NTB Dsa Mantar, credit: Lazwardy Journal

Ketika kamu sampai ke tempat ini, kamu akan menikmati hawa sejuk khas pegunungan dan juga deretan rumah panggung disebelah kiri dan kanan jalan. Dari desa ini kamu akan melihat pulau-pulau kecil yang ada disekitaran Poto Tano, seperti Pulau Kenawa yang juga tempat yang ramai oelh pengunjung dari berbagai wilayah di Indonesia.

Fahri Hamzah, wakil ketua umum Partai Gelora yang juga mantan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga pendiri GARBI (Gerakan Arah Baru Indonesia) ternyata juga berasal dari Nusa Tenggara Barat loh. Jadi apa kamu ingin menjadi politisi, atau jadi penikmat alam di Nusa Tenggara Barat nih?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bali

Wisata Bukit Campuhan Bali

Continue Reading

Bali dan Nusa Tenggara

Galeri Foto Tempat Liburan di Kupang

Continue Reading

Bali dan Nusa Tenggara

12 Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Kupang, NTT

Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Kupang, NTT

Pertama yang akan kita bahas adalah beberapa tempat wisata pantai yang ada di sekitaran Kupang, Nusa Tenggara Timur. Sebagai pulau wisata yang memang dikelilingi lautan, NTT punya banyak sekali pantai yang bersentuhan dengan samudera loh. Berikut ini beberapa tempat wisata pantai yang bisa kamu kunjungi di Kupang.

1. Pantai Batu Nona

Wisata Kupang NTT Pantai Batu Nona
Wisata Kupang NTT Pantai Batu Nona, credit: KSM Tour

Pantai Batu Nona berlokasi di Jalan Timor Raya Km 10, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT. Tempat ini biasanya digunakan para warga untuk melepaskan penat, walaupun memang setiap orang yang liburan ke pantai pastinya ingin menghilangkan rasa penat ya.

Di lokasi ini kita akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti area parkir, warung makan, penginapan, toilet, dan juga kolam renang yang bisa memanjakan kamu bersama pasangan, tapi pasangan yang halal ya. Tempat ini juga cocok banget buat kamu yang sudah berkeluarga.

Wisata Kupang NTT Pantai Batu Nona
Wisata Kupang NTT Pantai Batu Nona, credit: Amelia Niia

Pantai Batu Nona ini dibuka setiap hari pukul 8 pagi sampai 6 sore. Harga tiket masuk wisata pantai ini adalah 15 ribu per orang. Pada hari libur biasanya harga tiket masuk ini akan naik sesuai dengan kebijakan pengelola tempat wisata ini. Untuk kamu yang datang dengan kendaraan pribadi wajib membayar biaya parkir sebesar 2 ribu per motor dan 5 ribu per mobil.

Wisata Kupang NTT Pantai Batu Nona
Wisata Kupang NTT Pantai Batu Nona, credit: egrafis

Untuk menuju lokasi, kamu bisa menggunakan kendaraan umum menuju jalan Timor Raya. Apabila kamu datang dari terminal lama Kupang, kamu bisa menggunakan angkutan umum dengan jurusan Kupang-Tarus dan turun di pertigaan Nunsui. Kemudian naik ojek menuju lokasi pantai Batu Nona. Jadi, tunggu apalagi, ayo kesini.

2. Pantai pasir Panjang

Wisata Kupang NTT Pantai Pasir Panjang
Wisata Kupang NTT Pantai Pasir Panjang, credit: telusuri id

Pantai pasir Panjang berlokasi di Pasir Panjang, Kecamatan Kota Lima, Kota Kupang, NTT. Tempat ini cocok buat kamu yang ingin menantikan indahnya sunset di sore hari sambil menikmati semilir angin yang berhembus.

Sesuai dengan namanya, lokasi ini punya bibir pantai yang sangat panjang dan dipenuhi dengan pasir yang sangat bersih sehingga nyaman untuk kita melakukan aktivitas di lokasi ini. Biasanya banyak anak-anak bermain bola ditempat ini, tak jarang deburan ombak menambah suasana makin terasa lebih menantang.

Wisata Kupang NTT Pantai Pasir Panjang
Wisata Kupang NTT Pantai Pasir Panjang, credit: Trip Trus

Pantai Pasir Panjang dibuka setiap hari selama 24 jam. Untuk biaya tiket masuk lokasi wisata ini hanya 5 ribu saja, murah bukan?

Untuk menuju tempat ini, kamu bisa terlebih dahulu datang ke pelabuhan Tanjung Perak kota Surabaya dan menaiki kapal menuju Larantuka. Biasanya perjalanan sejauh 1.920,3 km ini dapat ditempuh sekitar 64 jam. Walau cukup jauh dan membutuhkan waktu lama, tapi semuanya akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang disuguhkan di pantai wisata ini. Yuk buruan kesini.

3. Pantai Koepan

Wisata Kupang NTT Pantai Koepan
Wisata Kupang NTT Pantai Koepan, credit: Kompas.id

Pantai Koepan berlokasi di Lahilai Bissi Kopan, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, NTT. Pantai ini pernah menjadi saksi bisu saat penjajahan Indonesia oleh Portugis. Kamu yang berkunjung kesini bisa melihat tiang-tiang pancang tinggi menjulang bekas pelabuhan kuno bangsa portugis saat menginjakan kaki di Kupang.

Saat menjajah Indonesia, Bangsa Portugis masuk ke Kupang Tahun 1645, mereka bertujuan untuk berdagang dan mencari rempah-rempah. Untuk mengunjungi tempat ini, kamu tak perlu khawatir dengan tiket masuk karena untuk masuk ke lokasi ini, kamu tak akan dikenakan biaya sama sekali.

4. Pantai Ketapang Satu

Wisata Kupang NTT Pantai Ketapang Satu
Wisata Kupang NTT Pantai Ketapang Satu, credit: Jurnal Evi

Pantai Ketapang Satu berlokasi di Jalan Sumatera, Todekisar, Kecamatan Kota Lama, Kupang, NTT. Tempat ini menjadi salah satu tempat romantis pasangan millennials dan gen z yang juga mengharapkan pemandangan matahari terbenam. Konon kabarnya, karena saking seringnya pantai ini dijadikan tempat nongkrong, banyak yang memanfaatkan lokasi ini sebagai tempat untuk menyatakan perasaan cinta pada seseorang loh.

Wisata Kupang NTT Pantai Ketapang Satu
Wisata Kupang NTT Pantai Ketapang Satu, credit: tribunnews

Setelah masuk ke lokasi ini, kamu akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti area parkir yang gratis, ada warung makan, toilet yang bersih, serta banyaknya spot foto yang bagus banget buat kamu yang suka update di sosial media.

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam, jadi gak usah khawatir mau jam berapapun, akan tetap buka dan akan ada yang jaga. Untuk tiket masuk kamu cukup membayar 5 ribu rupiah saja, namun untuk yang membawa motor wajib membayar tambahan 2 ribu rupiah dan 5 ribu rupiah lagi untuk mobil.

Wisata Kupang NTT Pantai Ketapang Satu
Wisata Kupang NTT Pantai Ketapang Satu, credit: Arianto S

Mengenai akses menuju lokasi wisata ini tidaklah sulit. Kamu bisa banget menggunakan angkutan umum dengan nomer 6 dan biasanya ongkosnya sekitar 3 ribu rupiah per penumpang dan kamu bisa langsung turun di lokasi tujuan. Tunggu apalagi? Ayo kesini!

5. Pantai Lasiana

Wisata Kupang NTT Pantai Lasiana
Wisata Kupang NTT Pantai Lasiana, credit: Samsung Camera Indonesia

Pantai Lasiana berlokasi di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kupang Tengah, Kupang, NTT. Pemda(Pemerintah Daerah) punya misi membuat destinasi wisata pantai ini menjadi Taman Budaya Flobamora dimana taman tersebut adalah tempat berbagai suku dan budaya sekitar lokasi yang dipersatukan dan dijadikan sebagai kawasan yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan lokal, maupun asing.

Wisata Kupang NTT Pantai Lasiana
Wisata Kupang NTT Pantai Lasiana, credit: Metro Buana News

Pantai Lasiana ini memiliki beberapa fasilitas diantaranya warung makan, perkiosan, kolam renang, MCK, panggung hiburan rakyat, kafe keren, rumah tinggal dan juga arena bermain untuk anak kecil bagi kamu yang sudah berkeluarga tentunya.

Objek wisata ini buka setiap hari tapi tidak 24 jam seperti yang lain, melainkan buka dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Tempat ini buka juga pada hari libur bahkan biasanya lebih banyak pengunjung yang menghabiskan waktu liburnya di pantai ini loh.

Harga tiket masuk kawasan wisata pantai ini hanya 2 ribu per orang loh. Namun, kamu akan dikenai biaya tambahan untuk parkir sebesar seribu per sepeda motor dan 3 ribu per mobil yang kamu bawa.

Untuk menuju lokasi ini, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dimana kondisi jalan menuju lokasi wisata juga sudah bagus dan beraspal, jadi gausa takut perut kekocok-kocok karena jalanan rusak ya. Kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum karena lokasi pantai berada di jalur tranportasi utama, jadi gausah ragu lagi, ayo mampir kesini.

6. Pantai Nunsui

Wisata Kupang NTT Pantai Nunsui
Wisata Kupang NTT Pantai Nunsui, credit: Berbagi Fun

Pantai Nunsui berlokasi di Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT. Pantai ini memiliki ciri khas yaitu jalan dan batuan yang landai serta pada saat air surut, akan nampak batu-batu yang berserakan. Batu tersebut memang berserakan, namun hal tersebut malah menjadi objek foto yang menarik.

Wisata Kupang NTT Pantai Nunsui
Wisata Kupang NTT Pantai Nunsui, credit: Blog Awalnya

Pantai ini buka 24 jam, jadi gak usah khawatir kalau kamu ga bisa masuk ke tempat ini setiap hari. Untuk soal tiket masuk, kamu gak usah bayar sama sekali loh, enak kan? yuk jalan jalan kesini kawan turisindo!

7. Pantai Manikin

Wisata Kupang NTT Pantai Manikin
Wisata Kupang NTT Pantai Manikin, credit: Setiawan Mangando

Pantai Manikin berlokasi di Tarus, Kupang Tengah, Kupang, NTT. Pantai ini terletak tak jauh dari dua lokasi pantai Kupang lainnya yaitu Lasiana dan juga Nunsui yang juga indah serta bagus untuk difoto dan diupload ke sosial media kamu.

Destinasi wisata ini juga memiliki banyak pohon yang menjadikan suasana di tempat ini sejuk. Pohon di pantai ini adalah hasil penanaman 1.000 pohon kurang lebih selama 11 tahun yang lalu. Jenis pohon yang ditanam di pantai ini antara lain pohon asam, pohon palem, kayu ulin dan pohon turi.

Wisata Kupang NTT Pantai Manikin
Wisata Kupang NTT Pantai Manikin, credit: Pedoman WIsata

Pantai Manikin ini dibuka setiap hari pada pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. Untuk harga tiket wisata pantai ini tidak terlalu mahal yakni 15 ribu per orang. Harga tiket masuk ini bisa berubah saat hari libur sesuai dengan kebijakan pengelola wisata Pantai Manikin.

Buat kamu yang ingin mencapai lokasi wisata ini, kamu bisa menggunakan rute perjalanan dari Larantuka-Tanjung Perak (Pelabuhan Surabaya) dengan jarak tempuh perjalanan sekitar 2,1 kilometer.

8. Pantai Kelapa Tinggi

Wisata Kupang NTT Pantai Kelapa Tinggi
Wisata Kupang NTT Pantai Kelapa Tinggi, credit: Foto Para Kupang

Pantai Kelapa Tinggi berlokasi di Dusun Kelapa Tinggi, Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT. Pantai ini dinamai kelapa tinggi karena memang sepanjang pantai kamu bisa melihat indahnya daun kelapa yang menjulang tinggi disepanjang pantai ini.

Pemandangan yang indah selain daun kelapa yang tinggi adalah disekitar pantai ini terdapat bukit yang indah, yakni bukit di Tilong, serta ada dusun yang bernama Dusun Kelapa Tinggi. Selain itu petak sawah yang menguning bercampur dengan warna hijau memenuhi sekitaran pohon kelapa.

Wisata Kupang NTT Pantai Kelapa Tinggi
Wisata Kupang NTT Pantai Kelapa Tinggi, credit: Foto Para Kupang

Harga tiket masuk untuk masuk ke tempat wisata ini adalah gratis tis tis. Benar-benar tak perlu punya uang untuk traveling ke tempat ini. Jika kamu ingin mengunjungi tempat ini, baik itu di hari biasa (weekdays) ataupun di hari Sabtu Minggu (weekend) jangan khawatir, harga yang diberikan tetap gratis loh.

Kedua, yang akan kita bahas selain pantai adalah tempat wisata air terjun yang ada di Kupang, NTT. Gak bisa dipungkiri, selain punya banyak pantai, ternyata destinasi wisata air terjun juga menjadi favorit di Kupang. Berikut ini ulasan singkatnya.

9. Air Terjun Tesbatan

Wisata Kupang NTT Air Terjun Tesbatan
Wisata Kupang NTT Air Terjun Tesbatan, credit:

Air Terjun Tesbatan berlokasi di Kecamatan Amarasi, Kupang, NTT. Air terjun ini memiliki keindahan yang memanjakan mata kita. Sepanjang lokasi ini, kamu bisa menemukan banyak berjajar pepohonan yang lebat, namun menyejukkan. Jalan setapak menuju ke atas juga bisa dijadikan spot foto dengan tema alam terbuka yang bagus untuk diupload ke instagram loh.

Wisata Kupang NTT Air Terjun Tesbatan
Wisata Kupang NTT Air Terjun Tesbatan, credit: Traveling Yuk

Air terjun ini dibuka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. Untuk harga tiket masuk lokasi wisata ini adalah gratis. Bagi kamu yang membawa sepeda motor diharapkan untuk membayar biaya parkir seikhlasnya, kalau kami menyarankan boleh berikan 5 ribu saja, mungkin mereka sudah sangat senang dengan nominal tersebut.

10. Air Terjun Oenesu

Wisata Kupang NTT Air Terjun Oenesu
Wisata Kupang NTT Air Terjun Oenesu, credit: Indonesia Kaya

Air Terjun Oenesu berlokasi di Kelurahan Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kupang, NTT. Lokasi ini biasanya banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, maupun internasional. Tempat ini sangat dingin jika dibandingkan dengan daerah Kota Kupang yang panasnya minta ampun. Pepohonan yang melindungi kita sepanjang perjalanan dapat melindungi kita dari panasnya matahari di Kota Kupang.

Kamu bisa menikmati fasilitas seperti toilet, area parkir yang luas, gazebo untuk nongkrong, jalan setapak ke lokasi Air terjun Oenesu dan juga bangunan yang bisa digunakan sebagai tempat ganti pakaian dalam, maupun pakaian luar.

Wisata Air terjun Oenesu ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. Untuk harga tiket masuk yang harus dibayar saat kamu berkunjung di tempat wisata ini hanya 2 ribu loh, gak mahal kan? sedangkan untuk biaya parkir motor hanya seribu rupiah serta 2 ribu rupiah untuk mobil.

Wisata Kupang NTT Air Terjun Oenesu
Wisata Kupang NTT Air Terjun Oenesu, credit: KSM Tour

Lokasi wisata ini dari pusat Kota Kupang kurang lebih berjarak 20 kilometer dan kamu bisa banget menaiki transportasi pribadi atau umum maupun menyewa kendaraan. Aksesnya juga mudah dijangkau. Saat perjalanan menuju lokasi wisata air terjun kamu juga akan disuguhi dengan pemandangan yang luar biasa menakjubkan, makanya buruan kesini kawan turisindo.

Ketiga, selain tempat wisata pantai dan juga air terjun, ternyata Kupang juga punya taman bermain yang cocok untuk disinggahi bersama sanak saudara atau kerabat terdekat kamu. Berikut ini taman yang wajib banget kamu singgahi bersama keluarga ketika liburan ke Kupang.

11. Taman Nostalgia

Wisata Kupang NTT Taman Nostalgia
Wisata Kupang NTT Taman Nostalgia, credit: Samsung Camera Pict

Taman Nostalgia berlokasi di Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT. Biasanya lokasi ini ramai pada waktu sore hari dan bisa melihat Gong Perdamaian Nusantara.

Tempat ini sangat cocok jika kamu membawa sanak saudara atau kerabat terdekat untuk sekedar bersantai menikmati sore hari di Kota Kupang.

Wisata Kupang NTT Taman Nostalgia
Wisata Kupang NTT Taman Nostalgia, credit: Samsung Camera Pict

Untuk kamu yang suka kuliner, gak usah khawatir soal makanan. Di Taman Nostalgia ini banyak banget tersedia jajanan pasar yang bisa kamu nikmati sembari menikmati matahari tenggelam.

12. Taman Rekreasi Gua Monyet

Wisata Kupang NTT Taman Rekreasi Gua Monyet
Wisata Kupang NTT Taman Rekreasi Gua Monyet, credit: Desi Tualaka

Taman Rekreasi Gua Monyet berlokasi di Alak, Kota Kupang, NTT. Tempat ini dikelola oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasi persisnya ada dipinggir jalan raya menuju ke dermaga laut Tenau, jadi gak usah takut nyasar dan gak ketemu ya.

Perjalanan ke lokasi ini bisa dimulai dari terminal kota Kupang dan naik transportasi jurusan Kupang-Tenau dengan mengeluarkan biaya kurang lebih 10 ribu per orang sekali jalan, bisa juga dengan cara lain dengan menyewa jasa ojek 20 ribu dan jasa travel 50 ribu per orang. Perjalanan menuju lokasi akan menghabiskan waktu sekitar 45 menit perjalanan, kalian akan tiba di depan gapura Gua Monyet.

Nah dari beberapa tempat keren di atas, kira-kira kawan turisindo akan memilih mengunjungi yang mena ketika liburan ke Kupang, Nusa Tenggara Timur ini?

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 Turisindo.com