Connect with us

Kalimantan

5 Destinasi Wisata Favorit di Kalimantan Utara

Sumatera

Trip Antar Pulau, Berikut 3 Destinasi Pilihan Untuk-mu!

Pantai Batu Lamampu, NTT

Libur akhir tahun sudah semakin dekat dan sudah saatnya bagi kamu untuk menyiapkan destinasi wisatamu! Banyak sekali destinasi lokal yang dapat kamu sambangi bersama teman, pasangan, dan keluarga.

Meskipun di masa pandemi seperti ini, trip antar pulau masih digandrungi oleh banyak orang, dengan alasan ingin mencari suasana baru dan merasakan trip yang sesungguhnya. Apakah kamu sudah menyiapkan destinasi trip antar pulau mu tahun ini? Berikut ini pilihan destinasi wisata yang pas untukmu!

1. Danau Toba

Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba, Sumatera Utara

Siapa sih yang tidak mengenal Danau Toba? Danau Toba yang merupakan danau raksasa yang terbentuk akibat letusan gunung berapi di masa lampau ini terletak di Sumatera Utara, dan menjadi danau terbesar yang ada di negeri ini.

Meskipun terbentuk dari letusan gunung berapi, danau ini menyajikan banyak sekali pemandangan indah. Danau ini terbukti mampu menarik minat wisatawan asing maupun lokal, lho.

Bagi kalian yang ingin menikmati pemandangan alam di danau ini bisa banget untuk menelusuri hamparan hutan pinus yang luas di sekitar danau, bermain di sekitar air terjun, hingga mengarungi danau yang sangat luas ini.

Bagi kamu penikmat tantangan, kamu juga bisa menjelajahi pesisir Danau Toba menggunakan mobil off-road, loh! Sebuah destinasi wisata yang menarik. Selain itu, bagi kamu yang ingin lebih mengenal budaya dan adat suku Batak, jangan lupa untuk mampir ke Pulau Samosir yang berada di tengah-tengah Danau Toba.

Di pulau tersebut, terdapat dua desa wisata, yakni Tomok dan Tuktuk, yang masih kental dengan budaya dan adat suku Batak. Sangat menarik bukan? Bagi kalian yang ingin pergi ke Danau Toba, ada banyak sekali akses yang dapat kamu gunakan.

Kamu bisa menggunakan pesawat terbang untuk sampai ke kota Medan kemudian melanjutkan sekitar 3-4 jam perjalanan darat menuju Danau Toba. Sedangkan, apabila kamu ingin menyambangi Pulau Samosir, kamu perlu menaiki kapal selama 40 menit. Sebuah perjalanan yang panjang namun layak untuk dicoba bukan?

2. Pantai Batu Lamampu

Pantai Batu Lamampu, NTT

Pantai Batu Lamampu, NTT

Apabila sebelumnya adalah destinasi di pulau Sumatera, kali ini kita akan beralih ke pulau Kalimantan. Tidak salah lagi, Pantai Batu Lamampu adalah sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur.

Pulau ini merupakan destinasi yang bagus untuk kamu yang menyukai daerah laut dan ingin menikmati hamparan pantai yang luas. Pantai ini membentang sepanjang 2,27 km dan memiliki kondisi pasir yang coklat cenderung hitam. Kamu dapat menjelajahi pantai ini tanpa harus takut terinjak karang.

Kamu juga bisa menikmati batu-batu besar yang berada di sekitar pantai. Apabila kamu ingin datang ke tempat ini kamu dapat menggunakan kendaraan darat seperti mobil dan motor ataupun jalur laut menggunakan speedboat. Kamu hanya perlu waktu sekitar 1 jam 30 menit untuk sampai ke pantai ini dari pusat kota Sebatik.

3. Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo, Kalimantan Timur

Desa Wae Rebo, Kalimantan Timur

Beralih dari destinasi di pulau besar, kita menuju ke kepulauan Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Flores. Desa Wae Rebo ini merupakan desa tradisional yang berada pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut.

Desa ini kemudian dikenal sebagai desa di atas awan karena ketinggiannya tersebut. Desa ini terletak di Kabupaten Manggarai, NTT, dan memiliki akses yang sulit karena letaknya di atas gunung.

Kamu perlu menyiapkan fisik ekstra untuk berjalan kaki menuju desa tersebut, karena tidak adanya akses kendaraan yang bisa mencapai desa tersebut. Namun, perjalanan yang ekstra tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah bak di surga.

Pada malam hari kamu bisa menikmati hamparan bintang di langit malam, dan apabila beruntung kamu bisa mendapati hamparan galaksi Bimasakti, loh! Sebuah pemandangan yang jarang kita temui di kota-kota besar.

Bagaimana dengan tiga rekomendasi yang sudah diberikan? Apakah kamu sudah siap untuk melakukan trip antar pulau di tahun ini? Trip antar pulau ini tentunya memiliki banyak resiko yang worth to try.

Jangan lupa untuk siapkan anggaran ekstra untuk melindungi diri kamu dari hal-hal yang tidak terduga di perjalanan. Bagi kamu yang menggunakan jasa layanan travel carilah penyedia jasa yang juga sudah memberikan kamu jaminan asuransi perjalanan.

Apabila kamu menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa kendaraan seperti mobil, jangan lupa juga untuk mengasuransikan kendaraan tersebut. Sudah banyak jenis asuransi mobil di indonesia yang dapat kamu pilih.

Jangan sampai trip yang sudah kamu rencanakan berakhir mengecewakan hanya karena kamu tidak menyiapkan anggaran lebih untuk proteksi selama perjalanan! Sekian pilihan destinasi dan tambahan tips bagi kamu yang ingin melakukan trip antar pulau, semoga dapat bermanfaat!

Continue Reading

Kalimantan

Galeri Foto Objek Wisata di Berau, Kalimantan Timur

Jika belum punya waktu untuk pergi ke Berau, coba lihat galeri foto objek wisata di Berau, Kalimantan Selatan ini.

Pulau Kakaban, photo by Holamigo.id
Continue Reading

Kalimantan

5 Destinasi Wisata di Berau Lengkap dengan Harga Tiket dan Fasilitas

Di sana terdapat banyak tempat menarik untuk menghilangkan penat kesibukan. Tidak heran jika destinasi wisata di Berau tidak pernah sepi pengunjung.

Indonesia terkenal dengan keindahan sektor pariwisata alam baik daratan maupun lautan. Salah satu yang perlu dimasukkan ke dalam list kunjungan saat berlibur yaitu di Berau, Kalimantan Timur. Di sana terdapat banyak tempat menarik untuk menghilangkan penat kesibukan. Tidak heran jika destinasi wisata di Berau tidak pernah sepi pengunjung.

Destinasi Wisata di Berau, Kalimantan Timur yang Berikan Pemandangan Surga Pantai
Destinasi Wisata di Berau, Kalimantan Timur yang Berikan Pemandangan Surga Pantai

Nama-nama Destinasi Wisata di Berau

Berikut deretan nama-nama wisata yang bisa Kamu kunjungi:

  1. Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki, photo by Indozone
Pulau Sangalaki, photo by Indozone

Nama destinasi wisata di Berau ini diambil dari lokasi keberadaannya yaitu di pulau Sangalaki, Derawan, Kalimantan Timur. Wisata ini dibuka kembali untuk wisatawan lokal sejak 10 agustus 2020.

Bagi Kamu yang tertarik mengunjunginya harus menyiapkan Rp. 7.500 per orang untuk tiket masuk saat weekdays dan Rp. 10.000 ketika weekend. Pulau sangalaki bukan hanya menawarkan wisata alam tetapi juga pusat edukasi khususnya terkait perkembangbiakan penyu.

Sebab, di sini memang terdapat kantor Stasiun Monitoring Penelitian untuk hewan tersebut. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat pari manta secara langsung saat diving dan juga snorkeling.

  1. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin, photo by Dolanyok.com
Danau Labuan Cermin, photo by Dolanyok.com

Alamat objek wisata ini berada di desa Labuan Kelambu, Kec. Biduk-biduk, Kab. Berau, Kalimanan Timur. Sebenarnya untuk masuk kawasan danau tidak dikenai tarif tiket sepeserpun. Namun, Kamu harus mengeluarkan budget untuk perjalanan menuju lokasi dan biaya menginap.

Wisata labuan cermin menawarkan daya tarik beningnya air danau dengan kedalaman kurang lebih 3 meter. Maka, memungkinkan pengunjung untuk melihat dasarnya dari atas permukaan. Aktifitas umum yang dilakukan wisatawan adalah berenang menikmati keindahan biota air tawar dan air asin sekaligus.

  1. Pulau Derawan

Pulau Derawan, photo by Warta Wisata
Pulau Derawan, photo by Warta Wisata

Destinasi ini terletak di sebuah pulau dengan nama identik yaitu Kepulauan Derawan, tepatnya berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Kamu tidak perlu membayar tiket untuk masuk kawasannya namun untuk sampai tujuan harus menyewa speed boad dengan harga kisaran Rp. 80.000 sampai Rp. 100.000 /orang. Pulau derawan telah dibuka kembali untuk umum sejak 24 juni 2020.

Terkenal dengan keindahan biota bawah lautnya membuat fasilitas water sport disini cukup lengkap termasuk alat selam, jetski, banana boat dan lain-lain. Selain itu ada banyak warung hingga cafe yang bisa memenuhi kebutuhan kuliner Kamu.

  1. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban, photo by Kompasiana
Pulau Kakaban, photo by Kompasiana

Kamu dapat mengunjungi lokasi wisata pulau kakaban di Kepulauan Derawan, Kec. Derawan, Kab. Berau, Kalimantan Timur. Pengunjung objek wisata yang buka setiap hari selama 24 jam ini tidak dikenai biaya tiket masuk.

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan wisatawan di pulau kakaban adalah berenang di danau ubur-ubur tidak beracun dengan membayar biaya Rp. 10.000 saja per orangnya. Sedangkan spot foto paling populernya yaitu, jembatan kayu memanjang melintasi pepohonan lebat dari dermaga ke pantai.

  1. Pulau Maratua

Pulau Maratua, photo by KKP News
Pulau Maratua, photo by KKP News

Destinasi wisata di Berau kelima ini juga identik dengan asal lokasi keberadaannya yakni di Kecamatan Maratua, Kalimantan Timur.

Untuk masuk ke pulau ini pengunjung tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Namun, jika ingin menjelajah kawasan gua halo tabung yang ada di dalamnya, maka akan dikenai tarif Rp. 20.000 per orang.

Selain itu Kamu hanya perlu menyiapkan biaya untuk menikmati keeksotisan pulau berjuluk Maldives van Borneo ini dengan cara menyelam. Paket sewa diving yang ditawarkan kisaran Rp. 650.000. Selebihnya, tersedia fasilitas wisata lain seperti resort dan penginapan disekitarnya.

Itulah 5 daftar nama destinasi wisata di Berau, Kalimantan Timur. Pada dasarnya lokasi antar kelimanya saling berdekatan. Jadi, jika mempunyai waktu lebih Kamu bisa menginap sehingga berkesempatan untuk menjelajah beberapa kawasan sekaligus.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 Turisindo.com