Connect with us

Sulawesi

10 Destinasi Wisata di Sulawesi Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi

Destinasi Wisata di Sulawesi Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi

Sulawesi Tengah adalah salah satu lokasi yang berada di tengah Pulau Sulawesi dan beribukota di Palu. Dengan jumlah penduduk berkisar 3 juta jiwa(menurut wikipedia), pulau ini punya daya tarik sendiri untuk destinasi wisatanya.

Walaupun pada September 2018 lalu daerah ini terkena musibah gempa bumi dan tsunami, tapi banyak sekali daerah yang bisa kamu jadikan tempat untuk berlibur dan ternyata keren-keren loh.

Yuk lihat destinasi wisata di Sulawesi Tengah berikut ini, dan jangan lupa komen ya kalau ingin tahu lebih detail soal lokasi ini.

1. Pantai Talise

Pantai Talise berlokasi 2 km sebelah utara Kota Palu dan merupakan salah satu tempat wisata utama di Kecamatan Palu Timur. Pantai ini merupakan tempat wisata utama di Kota Palu setelah Istana Pusat Sulawesi. Pantai ini membentang luas di Kota Palu hingga Kabupaten Donggala.

Sayangnya pantai ini sekarang agak sedikit berubah karena efek dari gempa bumi dan tsunami yang menimpa Kota Palu pada 28 September 2018 lalu.

Wisata Sulawesi Tengah Pantai Talise
Suasana Pantai Talise Pasca Bencana Tsunami, credit: Suara.com

Pantai ini biasanya banyak dinikmati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu, tempat ini cocok untuk kalian yang berlibur ke daerah Sulawesi Tengah karena keindahan sunset bisa terlihat jelas dari pantai ini.

2. Cagar Alam Morowali

Wisata Sulawesi Tengah Cagar Alam Morowali
Wisata Sulawesi Tengah Cagar Alam Morowali, credit: Sportourism

Cagar Alam Morowali terletak di antara dua kecamatan, yaitu Kecamatan Petasia (Kolonodale) dan juga Kecamatan Bungku Utara. Tempat ini punya kelebihan di Sulawesi karena merupakaan salah satu daerah terluas yang masih ada serta merupakaan daerah hutan hujan dataran rendah alluvial (Aluvial adalah jenis tanah yang terbentuk karena endapan) di Sulawesi.

Destinasi wisata cagar alam ini bisa kamu tempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua, walaupun memang jalannya berlum terlalu bagus dan mulus.

Untuk menuju ke lokasi ini, kamu dari pusat Kota Palu bisa menuju Poso dan menempuh waktu selama kurang lebih 6 jam dan berjarak 210 kilometer. Belum sampai disitu saja, kamu harus kembali melanjutkan perjalanan ke Kolonodale dan menempuh kurang lebih 7 jam dan berjarak kurang lebih 230 kilometer. Dari Kolonadale menuju Baturube kamu bisa menggunakan angkutan air seperti speed boat dan menempuh kurang lebih 3 jam.

Perjalanan juga bisa ditempuh dengan pesawat dari Kota Palu menuju Poso selama 20 menit, lalu dari Poso ke Kolonadale dengan kendaraan darat selama 7 jam dan langsung menuju Cagar Alam menggunakan speed boat selama 3 jam.

3. Pantai Tanjung Karang

Wisata Sulawesi Tengah Pantai Tanjung Karang
Wisata Sulawesi Tengah Pantai Tanjung Karang, credit: Wawanadie

Pantai Tanjung Karang berlokasi di desa Labuan Bajo, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Lokasi ini hanya 37 kilometer dari pusat Kota Palu (sumber: wikipedia).

Biasanya para turis yang mampir kesini tak hanya bermain di pinggir pantai saja, tapi juga di area laut. Diving dan snorkeling adalah salah satu yang terfavorit di tempat ini karena memang di laut dalam ini punya banyak biota laut yang unik serta punya kadar air yang sangat bening jika dibandingkan dengan destinasi wisata lainnya.

4. Taman Nasional Lore Lindu

Wisata Sulawesi Tengah Taman Nasional Lore Lindu
Wisata Sulawesi Tengah Taman Nasional Lore Lindu, credit: Merah Putih

Taman Nasional Lore Lindu ini berlokasi di antara Kabupaten Donggala dan Pos di Sulawesi Tengah dan memiliki luas 231 ribu hektar loh.

Tempat ini menjadi rumah bagi floa dan juga fauna endemik langka yang memang khusus hidup di Pulau Sulawesi. Flora dan fauna tersebut bahkan tak ada di belahan dunia lainnya loh.

Di sini kamu bisa melihat patung batu manusia, jambangan besar, piringan, batu-batu cembung, mortar batu, dan juga tiang penyangga rumah yang berukuran dari kecil sampai yang besar dengan usia yang mencapai ratusan tahun lamanya.

5. Danau Poso

Wisata Sulawesi Tengah Danau Poso
Wisata Sulawesi Tengah Danau Poso, credit: Traverse

Danau Poso berlokasi di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Danau ini sangat istimewa karena memang danau ini adalah danau yang terdalam ketiga di Indonesia dengan kedalaman sekitara 510 meter. Danau ini memiliki panjang 32 km dan lebar danau 16 km. Dan yang lebih keren adalah di tempat ini sering mengadakan acara Festival Danau Poso yang diadakan di Tentena, keren kan?

Danau ini juga keren karena dikelilingi oleh perbukitan dan area hutan. Maka dari itu kita yang liburan ke tempat ini akan disajikan dengan suasana dan pemandangan yang benar-benar alam dan tidak ada hiruk pikuk seperti di kota-kota besar.

Untuk akses menuju Danau Poso sangat mudah karena lokasinya berada di Lintas Trans Sulawesi yang mana jalu ini menghubungkan Tojara Poso – Gorontalo – dan Manado. Danau ini bisa banget kamu akses melalui Kota Tentena.

Jangan khawatir juga untuk kamu yang mau staycation, disekitar tempat ini juga ada hotel, wisma, homestay dan juga rumah makan loh.

6. Dataran Tinggi Napu

Wisata Sulawesi Tengah Dataran Tinggi Napu
Wisata Sulawesi Tengah Dataran Tinggi Napu, credit: OyaMagz

Dataran Tinggi Napu berlokasi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Dataran ini merupakan salah satu destinasi yang punya potensi besar terutama untuk pengembangan tanaman jagung. Dataran tinggi ini ternyata juga unik karena terletak di antara empat desa yaitu Desa Wuasa, Sedoa, Watutau, dan Wanga.

Untuk menuju lokasi ini tak terlalu sulit karena tempat ini memang lumayan ramai dkunjungi para turis dan wisatawan, baik itu lokal maupun mancanegara. Dataran ini juga berpapasan juga dengan danau secara langsung loh. Kamu bisa menuju ke Bandar Udara Kasiguncu Poso, lalu bisa melanjutkan perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat dan menempuh jarak sejauh 140 kilometer.

7. Danau Tambing

Wisata Sulawesi Tengah Danau Tambing
Wisata Sulawesi Tengah Danau Tambing, credit: Wikipedia Indonesia

Danau Tambing berlokasi di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Danau ini terletak pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut. Danau ini juga termasuk bagian wilayah dari Taman Nasional Lore Rindu.

Uniknya jika kamu datang ke lokasi ini, kamu bisa melihat lebih dari 260 jenis burung karena Taman Nasional Lore Rindu merupakan rumah dari banyak jenis burung. Tempat ini cocok banget buat kamu yang berkeluarga dan membawa anak kecil untuk berkeliling.

Untuk menuju lokasi ini, kamu bisa menuju Bandar Udara Mutiara SIS Al Jufrie Palu, lalu kamu wajib menempuh jalan darat sejauh 90 kilometer melewati jalan trans Palu-Napu. Selamat berlibur!

8. Pantau Enu Donggala

Wisata Sulawesi Tengah Pantai Enu Donggala
Wisata Sulawesi Tengah Pantai Enu Donggala, credit: Tripzilla

Pantai Enu berlokasi di Desa Enu, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Masyarakat Sulawesi Tengah juga menyebut pantai ini dengan nama Pantai Barat.

Yang keren dari tempat ini adalah ombak yang tenang dan memiliki ciri khas dengan karang batu yang terlihat cantik dan instagramable loh. Pantai ini cocok buat kamu yang ingin piknik dan duduk-duduk disekitaran pantai sambil menikmati angin semilir yang berhembus.

Untuk menuju lokasi ini kamu harus menuju Bandar Udara Mutiara SIS Al Jufrie Palu, lalu kamu harus melanjutkan dengan perjalanan darat sejauh 50 kilometer sampai ke Desa Enu.

9. Air Terjun Sampala

Wisata Sulawesi Tengah Air Terjun Sampala
Wisata Sulawesi Tengah Air Terjun Sampala, credit: Tripzilla

Air Terjun Sampala berlokasi di Desa Sakita, Kabupaten Morowali. Air terjun ini akan memberikan tantangan tersendiri untuk kalian kawan turisindo yang berkunjung ke tempat ini. Kamu harus melakukan trekking sekitar 1,5 kilometer di jalan yang agak tinggi serta berbatu.

Wisata Sulawesi Tengah Air Terjun Sampala
Wisata Sulawesi Tengah Air Terjun Sampala, credit: Tripzilla

Disekitar air terjun, kamu juga bisa menikmati pemandian Tompaika yang punya arus lebih tenang. Namun saat musi hujan, kedalaman kolam akan terus bertambah walaupun memang tetap aman untuk kawan turisindo berenang disana.

Untuk menuju ke lokasi, kawan turisindo harus menempuh perjalanan udara menuju Bandar Udara Maleo Morowali, dan melanjutkan perjalanan darat sejauh 60 kilometer. Ayo liburan!

10. Air Terjun Marondo Tojo Una-una

Wisata Sulawesi Tengah Air Terjun Marondo Tojo Una-una
Wisata Sulawesi Tengah Air Terjun Marondo Tojo Una-una, credit: Tripzilla

Air Terjun Marondo berlokasi di Desa Kalemba, Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah. Untuk yang belum tahu, Kabupaten Tojo Una-una adalah kabupaten hasil dari pemekaran di wilayah Kabupaten Poso yang memang baru berdiri pada tahun 2003.

Air terjun ini membuat mata kita segar kembali dari aktivitas sehari-hari sebagai budak korporat (subjektivitas penulis nih hehe). Yang lebih terlihat keren adalah air terjun ini berada di kawasan pedesaan yang masih asri dan sejuk.

Wisata Sulawesi Tengah Air Terjun Marondo Tojo Una-una
Wisata Sulawesi Tengah Air Terjun Marondo Tojo Una-una, credit: Tripzilla

Untuk menuju lokasi ini kamu bisa menuju Bandar Udara Tanjung Api di Kabupaten Tojo Una-una, lalu kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan “guide” atau penunjuk jalan yang mana mereka adalah warga setempat yang memang tinggal di tempat sekitaran air terjun marondo ini.

Nah, seru kan wisata ke Sulawesi Tengah? Ternyata Indonesia punya banyak banget tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, terlepas dari adanya beberapa musibah yang sedang terjadi, syukuri apa yang kamu punya ya kawan turisindo.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Wisnu Kaseton

    January 21, 2020 at 1:00 am

    Cointa mati sama tempat ini sayang kena bencana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sulawesi

Wisata Polewali Mandar, Sulawesi Barat

youtube channel “yt spot”

Pasti kalian tidak asing dengan daerah Polewali Mandar ini. Kabupaten Polewali Mandar, adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Barat, Indonesia. Jumlah penduduk di kabupaten Polewali Mandar adalah 455.572 jiwa. Ibu kotanya adalah Polewali yang berjarak 246 km dari kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Walaupun beberapa waktu lalu Polewali Mandar pernah terkena bencana alam seperti longsor, namun daerah ini punya recovery yang lumayan cepat, sehingga tetap bisa mendatangkan para turis lokal maupun internasional untuk menikmati keindahan berbagai tempat wisata disini. Yuk tonton videonya.

Continue Reading

Sulawesi

Galeri Foto Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara

Continue Reading

Sulawesi

10 Destinasi Wisata di Sulawesi Tenggara, Surganya Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi adalah salah satu pulau yang memang memiliki banyak tempat wisata menarik, terkhusus Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara. Jika di Sulawesi Utara memiliki Bunaken, maka Sulawesi Tenggara punya banyak tempat wisata yang menjadi surga di Pulau Sulawesi.

Wisata Sulawesi Tenggara, Indonesia
Wisata Sulawesi Tenggara, Indonesia

Yang paling hits dan paling sering dikunjungi misalnya Wakatobi National Park, Buton Sultanate Palace Fortress, Pulau Hoga, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Tukangbesi Islands, Nirwana Beach, dan banyak sekali tempat wisata lainnya yang bisa kalian kunjungi, baik bersama pasangan, maupun dengan keluarga. Eh, yang terpenting jangan sama selingkuhan ya!

Di Provinsi Sulawesi Tenggara ini memang memiliki tempat wisata yang didominasi dengan wisata bahari-nya. Namun banyak juga tempat wisata lain yang layak sekali untuk kalian kunjungi ketika berkunjung ke Sulawesi Tenggara.

Turisindo akan membahas secara lengkap tempat wisata mana saja yang menjadi rekomendasi untuk kalian para traveler yang akan berkunjung ke Provinsi Sulawesi Tenggara. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Danau Biru

Danau Biru, photo by Pariwisataku
Danau Biru, photo by Pariwisataku

Di Sulawesi Tenggara ternyata punya danau yang sangat indah dengan warna birunya. Danau cantik yang menarik untuk kamu kunjungi ini adalah Danau Biru. Dengan luas sekitar 164 meter, air di Danau Biru merupakan air payau yang cukup dingin. Kedalaman dari Danau Biru pun hanya sekitar 7 meter saja sehingga cukup aman untuk kamu yang ingin snorkeling untuk melihat biota laut yang ada di dalamnya.

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Danau Biru, kamu harus naik tangga-tangga kecil untuk menuju Danau. Pepohonan rindang di sekitar Danau juga menjadikan suasana di sini semakin terasa sejuk. Kamu bahkan juga bisa free jump dari ketinggian 7 meter yang terletak di samping kanan danau. Keren kan?

Air Terjun Samparona

Air Terjun Samparona, photo by Kompasiana
Air Terjun Samparona, photo by Kompasiana

Siapa yang hatinya tidak bahagia ketika melihat air terjun yang indah di depan matanya. Air Terjun Samparona adalah tempat wisata yang pas untuk kamu yang sedang dalam kondisi emosi karena bisa meredamkan emosi kamu dengan melihat dan mendengar gemuruh suara di air terjun ini.

Air Terjun Samparona ini sendiri diapit oleh dua tebing dan berada di tengah hutan. Untuk sampai ke sini, kamu harus melalui perjalanan yang cukup sulit karena jalur yang belum terlalu bagus. Tetapi, semua kelelahan tersebut akan terbayar setelah kamu sampai ke tempat yang sangat menyegarkan ini.

Sungai Tamborasi Kolaka

Sungai Tamborasi, photo by instagram/welitayusuf
Sungai Tamborasi, photo by instagram/welitayusuf

Salah satu wisata yang keren di Sulawesi Tenggara adalah Sungai Tamborasi Kolaka. Sungai ini adalah sungai terpendek di dunia, lho. Ada mitos bahkan apabila kalian yang bisa mengikatkan tali pada akar pohon disekitaran sungai ini, maka jodoh akan segera datang menghampiri kalian. Percaya gak?

Sungai Tamborasi Kolaka memiliki air yang jernih dan letaknya berjejeran langsung dengan hutan dan pantai. Salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan di Sungai Tamborasi Kolaka adalah berenang atau sekadar bermain air sambil berfoto.

Untuk menuju ke lokasi sungai ini, kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua dari pusat kota Kolaka yang jaraknya hanya dalam waktu 1-2 jam dengan jarak tempuh sekitar 90 km. Di sepanjang perjalanan mata kita akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam.

Teluk Kendari

Teluk Kendari, photo by Mongabay Indonesia
Teluk Kendari, photo by Mongabay Indonesia

Tidak bisa dipungkiri, pemandangan indah di sore hari Teluk Kendari sangat indah. Dengan suasana sejuk dan angin semilir membuat kita nyaman sambil bersantai dan mengobrol bersama keluarga dan orang tercinta.

Dengan luas perairan sekitar hampir 18 kilometer persegi dan panjang garis pantai hampir 86 kilometer, Teluk Kendari memiliki berjuta potensi yang unik dan cocok untuk dikunjungi para turis lokal maupun mancanegara.

Pulau Bokori

Pulau Bokori, photo by bugistraveler
Pulau Bokori, photo by bugistraveler

Pulau Bokori merupakan salah satu pulau kecil di Sulawesi yang juga menjadi objek wisata kesayangan warga sekitaran dan wilayah ini merupakan perkampungan masyarakat dari nelayan Suku Bajo.

Sejarahnya, sekitar di pertengahan tahun 80an, puluhan orang dari Suku Bajo mulai menetap di pesisir Pulau Bokori dan para pengembara laut perlahan dipindahkan ke Soropia oleh pemerintah setempat.

Yang bikin mata kita tak berhenti berkedip adalah pasir yang dialiri ombak kecil dengan laut yang berwarna biru terang membuat kita nyaman untuk melihat seluas-luasnya dari Pulau Bokori ini.

Pulau Liwutongkidi

Pulau Liwutongkidi, photo by traveling.co.id
Pulau Liwutongkidi, photo by traveling.co.id

Kamu yang ingin melihat suasana pantai di Sulawesi Tenggara berkunjunglah ke Pantai Liwutongkidi, sebuah pantai yang punya keindahan alami yang benar-benar masih bersih dan sejuk.

Kalian para traveler yang ingin menuju ke sini kamu bisa menggunakan transportasi seperti pesawat dengan jarak tempuh sekitar 1 jam dari kota Kendari. Kamu juga bisa menggunakan kapal laut dengan lama perjalanan sekitar 4 jam.

Keindahan yang bisa kamu lihat selama berkunjung ke Pantai Liwungtongkidi adalah berbagai jenis terumbu karangnya dan kondisi pantai yang masih sangat bersih dan alami, jadi kamu akan benar-benar merasakan surga di Sulawesi ini.

Taman Laut Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi, photo by scubadivermag
Taman Nasional Wakatobi, photo by scubadivermag

Siapa yang disini mendengar kata “Wakatobi” dari komika Arie Kriting? Ya, Taman Laut Wakatobi ini memang sangat populer di Sulawesi Tenggara bagi para traveler.

Pemandangan yang indah di destinasi wisata ini dikenal juga sebagai surga bawah laut Sulawesi. Bagaimana tidak, semua keindahan bahari ada di tempat ini, mulai dari birunya laut, ikan yang berwarna warni serta udara yang sangat sejuk.

Daerah Wakatobi sendiri ditetapkan sebagai Taman Nasional Wakatobi pada tahun 1996 lalu. Di dalam area seluas 1,39 juta hektar, kamu akan melihat keanekaragaman hayati yang terdiri dari karang dan biota laut.

Di Taman Wisata Wakatobi ini para turis lokal maupun internasional diperbolehkan untuk melakukan berbagai macam kegiatan, seperti halnya snorkelling, diving, memancing atau pun sekedar berenang.

Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo, photo by blog dagrinizar
Air Terjun Moramo, photo by blog dagrinizar

Air Terjun Moramo adalah salah satu tujuan destinasi wisata yang indah dan cocok dikunjungi dikala waktu liburan.

Dengan ketinggian sekitar 100 meter, Air Terjun Moramo sendiri terdiri dari 7 buah undakan besar dan 60 undakan kecil sehingga menjadikannya terlihat berbeda dari air terjun kebanyakan. Meski begitu, bebatuan di sini tidak licin untuk dipijaki karena area Air Terjun Moramo sendiri berada di daerah bebatuan kapur.

Fasilitas yang bisa kamu nikmati disini adalah bisa berendam di sekitar kolam air terjunnya yang sangat dingin dan menyegarkan. Kamu bisa sampai ke sini kamu bisa menempuhnya dari Kota Kendari yang berjarak sekitar 40 km.

Bukit Modus, RawaOpa National Park

Bukit Modus, photo by Sultraveler
Bukit Modus, photo by Sultraveler

Di lokasi ini kalian bisa menikmati keindahan pemandangan alam terbuka. Bukit Modus bahkan dijuluki “Taman Surga” dari Sulawesi Tenggara. Modus merupakan kependekan dari Moronene Dusun yang konon lokasinya tak jauh dari pemukiman suku asli Moronene.

Bukit ini memiliki ketinggian 125 mdpl dan menjadi salah satu destinasi favorit anak muda atau millennial Sulawesi Tenggara khususnya Konawe Selatan dan Kendari. Bukit Modus merupakan bagian dari perbukitan yang sejak dulu dikenal dengan Hoki-hokio. Wilayahnya melingkupi tanah Poleang, Laea dan area-area sekitarnya.

Untuk kalian yang ingin mengunjungi Bukit Modus ini, kalian akan melewati pemukiman Hukaea-Laea oleh jalan setapak dengan panjang 6,8 km yang dapat ditempuh sekitar 30 menit menggunakan motor. Selain itu, kalian juga bisa melewati jalan poros Konawe Selatan – Bombana yang dapat ditempuh sekitar 1 – 1,5 jam perjalanan dari kantor Balai TNRAW.

Rekomendasi kami untuk waktu berkunjung terbaik adalah bulan Agustus – Desember, dimana aksesibilitas menuju Bukit Modus kondisinya sangat baik. Dari Andoolo, ibukota Kabupaten Konawe Selatan, lokasi ini dapat dijangkau 2 jam perjalanan mengendarai kendaraan roda empat.

SOR (Sarana Olah Raga) Kota Raha

SOR (Sarana Olah Raga) Kota Raha, photo by wikimedia
SOR (Sarana Olah Raga) Kota Raha, photo by wikimedia

SOR Kota Raha merupakan salah satu destinasi wisata yang membuat kita merasakan sensasi berada di “Negri Sakura” Jepang. Kamu akan merasakan suasana musim semi di Jepang jika kamu mengunjungi tempat ini.

Lokasi tempat ini berada di simpang enam Jalan Bypass Raha, pintu gerbang kedua menjadi salah satu pilihan memasuki kawasan SOR (Sarana Olah Raga) di Pantai La Ode Pandu yang menjadi tempat tujuan sebagian besar masyarakat untuk menikmati suasana pusat Kota Raha sambil berolahraga.

Nah, itulah dia beberapa destinasi wisata di Provinsi Sulawesi Tenggara, yang sering disebut sebagai surganya Pulau Sulawesi. Tempat mana yang kira-kira kalian ingin kunjungi jika ada kesempatan untuk berlibur ke Sulawesi Tenggara?

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 Turisindo.com