Connect with us

Sulawesi

6 Destinasi Wisata di Mamuju yang Menarik Hati para Wisatawan

Berlibur ke daerah Mamuju merupakan pilihan yang tepat bagi kamu bersama teman ataupun keluarga. Memiliki banyak objek wisata keren dan menarik perhatian setiap mata memandang.

Sejuta panorama alam yang mempesona bisa kamu temui di sebuah Kabupaten Sulawesi bagian barat. Ada sederet nama destinasi wisata di Mamuju yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Nama Destinasi Wisata di Mamuju yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

Destinasi Wisata di Mamuju yang Menarik Hati para Wisatawan

Destinasi Wisata di Mamuju yang Menarik Hati para Wisatawan

Berlibur ke daerah Mamuju merupakan pilihan yang tepat bagi kamu bersama teman ataupun keluarga. Memiliki banyak objek wisata keren dan menarik perhatian setiap mata memandang. Simak beberapa ulasan berikut ini:

1. Pantai Lombang-lombang

Pantai Lombang Lombang, photo by Febry Mayu

Pantai Lombang Lombang, photo by Febry Mayu

Pantai Lombang-Lombang terletak di daerah Sinyanyoi, Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat. Kamu bisa menempuh waktu selama 1 jam perjalanan darat dari pusat kota untuk mencapai kawasan indah nan mempesona ini.

Karena ombaknya yang tenang dan tidak terlalu besar, sehingga Pantai Lombang-Lombang ini sangat cocok bagi kamu untuk melakukan snorkeling atau sekedar berenang saja. Pada tepian, disediakan banyak gazebo sebagai tempat istirahat sembari memakan bekal.

2. Air Terjun Tamasapi

Air Terjun Tamasapi, photo by Kumparan

Air Terjun Tamasapi, photo by Kumparan

Selain banyaknya pantai, ada destinasi wisata alam yang lain dan mempesona yaitu air terjun. Tamasapi terletak di Desa Mamunyu, Mamuju, Sulawesi Barat. Memiliki curah aliran cukup deras setinggi 75 meter dengan pemandangan sangat menakjubkan.
Ada yang unik dikawasan ini.

Setiap kali musim durian, terdapat banyak penjual dari warga sekitar menjajakan durian dengan harga murah ditepian jalan menuju curuk. Kamu bisa menikmatinya sembari bersantai disekitar Air Terjun Tamasapi.

3. Air Terjun Malute

Air Terjun Malute, photo by Pesonamandar

Air Terjun Malute, photo by Pesonamandar

Satu lagi curuk yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Mamuju, Sulawesi Barat, yaitu Air Terjun Malute. Tempat ini benar-benar akan memanjakan pengunjung dan membuat terpesona melihat panorama alamnya.

Air Terjun Malute memberikan keindahan dan juga kesejukan. Lokasinya dikelilingi oleh bukit-bukit hijau. Aliran airnya pun terbilang cukup deras dengan ketinggian 30 meter. Kamu pun akan merasa aman ketika ingin bermain di area bawah atau sekitarnya.

4. Tempat Wisata Kelapa Tujuh

Tempat Wisata Kelapa Tujuh, photo by Sulbarpedia

Tempat Wisata Kelapa Tujuh, photo by Sulbarpedia

Tempat wisata kelapa tujuh terletak di desa Rimuku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Kamu bisa melihat keindahan kawasan ini pada malam hari, karena kondiri lampu-lampu kota yang bersinar akan tampak sangat indah ketika itu.

Dari wisata Kelapa Tujuh ini, kamu bisa meilhat pesisir Anjungan Pantai Manakarra dan juga keindahan pesona Pulau Karampuang. Di tempat inipun, pengunjung bisa mengabadikan moment bersama pemandangannya yang indah dan menawan.

5. Anjungan Pantai Manakarra

Anjungan Pantai Manakarra, photo by 8enam

Anjungan Pantai Manakarra, photo by 8enam

Ada banyak sekali spot-spot menarik yang bisa kamu gunakan untuk berfoto di Anjungan Pantai Manakarra. Seperti gong perdamaian, payung-payung hidrolik layaknya di Masjid Nabawi, Madinah, dan tulisan besar bertuliskan nama kawasan tersebut.

Jika Makassar mempunyai Losari, Mamuju hadir dengan Anjungan Pantai Manakarra. Tempat ini juga ramai dikunjungi oleh warga sekitar dan telah menjadi public space untuk sekedar nongkrong bersama teman-teman, olahraga, atau sekedar menikmati keindahannya.

6. Pulau Karampuang

Pulau Kampuang, photo by Indonesia Kaya

Pulau Kampuang, photo by Indonesia Kaya

Pilihan destinasi menarik selanjutnya adalah Pulau Karampuang. Letaknya di seberang Mamuju, Sulawesi Barat. Terlihat jelas dari arah Anjungan Pantai Manakarra. Jaraknya pun dekat dengan pusat kota, sehingga menawarkan suasana tenang disekitarnya.

Menurut legenda, Karampuang memiliki rembulan (menurut bahasa Mamuju). Semula, tempat ini bernama Pulau Liutang, adanya seorang seniman lokal menciptakan lagu berjudul Karampuang di tempat ini, akhirnya hingga sekarang populer dengan sebutan Karampuang.

Demikian informasi mengenai destinasi wisata di Mamuju yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Jangan sia-siakan kesempatan berlibur menyenangkan bersama dengan menikmati keindahan alam Sulawesi Barat. Semoga bermanfaat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sulawesi

Galeri Foto Objek Wisata di Mamuju, Sulawesi Barat

Di Mamuju, Sulawesi Barat terdapat banyak tempat menarik untuk menghilangkan stres kerjaan. Ini galeri foto objek wisata di Mamuju yang tak pernah sepi turis.

Continue Reading

Sulawesi

Galeri Tempat Wisata Sumatera Utara

Continue Reading

Sulawesi

Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Utara

Jika kamu mendengar Sulawesi Utara, pasti top of mind kamu adalah Manado. Ya, Manado merupakan Ibu Kota dari Provinsi Sulawesi Utara. Daerah ini memiliki banyak tempat wisata terbaik yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, maupun lokal. Wisata yang ada disini tak hanya wisata alam, tapi ada wisata kuliner dengan bumbu pedas khas Manado tentunya.

Wisata Sulawesi Utara, mana favoritmu?
Wisata Sulawesi Utara, mana favoritmu?

Kamu akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa ketika mengunjungi tempat wisata disini. Wisata sejarah yang sangat edukatif bisa membuat kamu mengerti bagaimana sejarah awalnya kota yang dijuluki dengan Kota Tinutan ini.

Kali ini turisindo ingin berbagai kepada kawan turisindo mengenai tempat wisata terbaik di Provinsi Sulawesi Utara yang populer yang cocok dikunjungi oleh kalian pada saat menikmati waktu liburan kalian, simak dan pilih yang kamu suka ya.

  1. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken, photo by Heikaku
Taman Laut Bunaken, photo by Heikaku

Tempat wisata ini sudah jelas ada dinomor satu, karena memang objek wisata ini sangat populer bukan hanya warga lokal, tapi warga Indonesia. Tempat ini terkenal dengan keindahan alamnya terbukti dengan Taman Laut Bunaken yang didapuk sebagai salah satu warisan dunia pada tahun oleh UNESCO pada tahun 2005 lalu.

Keunggulan dari tempat ini adalah kawan turisindo bisa melihat aneka biota laut yang beraneka ragam dengan terumbu karang yang indah serta pemandangan alam yang wajib banget kamu abadikan dengan kamera.

  1. Taman Margasatwa Tundurusa

Taman Margasatwa Tundurusa, photo by Paket Wisata Manado
Taman Margasatwa Tundurusa, photo by Paket Wisata Manado

Taman Margasatwa Tundurusa adalah objek wisata yang menyajikan experience berbeda untuk para pengunjungnya. Di tempat ini terdapat koleksi hewan unik yang jarang kamu temui di luar sana seperti babi rusa, monyet hitam, serta tarsius yang memang merupakan ikon dari Sulawesi Utara.

Tarsius yang merupakan ikon dari Provinsi Sulawesi Utara memang berbeda dengan hewan lain. Hewan yang bentuknya hampir mirip monyet ini berukuran sangat kecil yakni 15 sentimeter. Pokoknya, kamu ga akan nyesel deh mengunjungi tempat ini yang memang berbeda dengan taman margasatwa lainnya.

  1. Kampung Cina

Kampung Cina, photo by Dinas Pariwisata Manado
Kampung Cina, photo by Dinas Pariwisata Manado

Hampir seluruh daerah sepertinya memiliki nama tempat wisata bernama Kampung Cina. Di Cibubur juga sebenarnya ada tempat bernama Kampung Cina. Bahkan di luar negri juga ada dan sering disebut dengan “China Town”.

Tempat wisata ini berlokasi di pusat Kota Manado, jadi tidak begitu jauh jika kamu baru mendarat di kota ini. Kamu akan melihat banyak bangunan toko tua yang sudah dibangun sejak jaman dahulu kala tepatnya zaman Belanda menjajah kita. Bangunan ini sampai saat ini masih dipertahankan seperti aslinya sehingga memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Jangan lupa kamera harus mode on ya ketika kamu kesini karena kamu juga bisa melihat klenteng tertua di Kota Manado, yaitu Klenteng Ban Hing Kiong. Selain itu disekitaran tempat ini kamu bisa melihat banyak jajanan khas dari Manado.

Klenteng Ban Hing Kiong, photo by Manadopedia
Klenteng Ban Hing Kiong, photo by Manadopedia

  1. Modoinding

Modoinding, photo by Sulut Pos
Modoinding, photo by Sulut Pos

Tempat Wisata Madoinding merupakan salah satu daerah yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan. Daerah ini terkenal karena merupakan penghasil utama sayuran ke berbagai daerah di Pulau Sulawesi.

Modoinding terletak 1000 meter di atas permukaan laut dan punya banyak desa yang ada di dalamnya seperti Desa Mokabang yang sangat khas karena memiliki rumah panggung. Selain itu ada Desa Makaaruyen yang terkenal sekali dengan pemandian air panasnya.

Disekitaran Modoinding, kamu juga bisa melihat dan berkunjung ke Danau Moat ketika berkunjung ke Kabupaten Minahasa, Manado, Sulawesi Utara ini.

  1. Museum Negeri Sulawesi Utara

Museum Negeri Sulawesi Utara, photo by trapedia
Museum Negeri Sulawesi Utara, photo by trapedia

Museum Negeri Sulawesi Utara ini terletak tak jauh dari pusat Kota Manado. Kamu bisa belajar tentang sejarah Kota Manado dan Sulawesi Utara di dalam museum ini.

Jika kamu ingin mempelajari budaya dan suku di Minahasa, kamu wajib banget mengunjungi tempat ini. Di dalamnya juga terdapat ribuan koleksi foto, pakaian adat, serta berbagai miniatur dan benda-benda bersejarah lainnya yang memang berasal dari daerah Sulawesi Utara.

  1. Waruga Sawangan

Waruga Sawangan, photo by Merekam Jejak
Waruga Sawangan, photo by Merekam Jejak

Waruga Sawangan adalah salah satu peninggalan sejarah di Kota Manado. Masyarakat Minahasa memang memiliki tradisi yang sangat unik dalam proses pemakanan orang meninggal, yaitu menguburkan orang yang sudah meninggal ke dalam waruga.

Untuk yang belum tahu, waruga dibagi menjadi dua bagian, yaitu badan dan juga kepala yang memang terbuat dari batu utuh. Kamu akan banyak melihat waruga dalam jumlah yang banyak di tempat ini. Wow, horor kan?

  1. Jembatan Soekarno

Jembatan Soekarno, photo by Pegipegi
Jembatan Soekarno, photo by Pegipegi

Objek wisata ini sebenarnya umurnya belum lama. Jembatan Soekarno ini baru diresmikan pada bulan mei 2015 yang lalu. Kamu akan takjub jika melihat tempat ini karena memang terlihat indah dengan sajian lampu yang terang di malam hari.

Jangan lupa kamera kembali harus mode on ya. Kawan turisindo bisa berfoto di tempat ini karena Jembatan Soekarno bisa dijadikan latar yang indah dengan lampu yang terang dan keren.

Selain itu, kamu juga bisa menuju Menara Lilin yang lokasinya berdekatan dengan jembatan ini.

  1. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua, photo by panduanwisata.id
Pulau Manado Tua, photo by panduanwisata.id

Pulau Manado Tua ini letaknya 16 kilometer dari pusat Kota Manado. Objek wisata ini wajib banget kamu kunjungi karena pemandangannya yang sangat indah dan tak kalah dengan Taman Wisata Bunaken.

Pada tahun 2009 lalu, tempat ini menjadi salah satu lokasi World Ocean Conference. Penduduk sekitar sangat antusias dengan acar itu sehingga benar-benar menjaga seluruh kebersihan disekitaran area dan itu terjaga sampai sekarang.

  1. Bukit Kasih

Bukit Kasih, photo by Kompasiana
Bukit Kasih, photo by Kompasiana

Bukit Kasih terletak di Desa Kanonang, dimana jaraknya sekitar 55 kilometer dari pusat Kota Manado. Kamu akan melihat pemandangan yang indah dengan paduan dominan warna hijau dari pepohonan dan cokelat dari tanah yang lapang.

Di tempat ini kawan turisindo akan melihat lima rumah ibadah dari agam yang ada di Indonesia (kecuali Konghucu yang paling terakhir masuk ke Indonesia) dalam satu tempat.

Kawan turisindo juga akan melihat Tugu Toleransi yang merupakan simbol dari masing-masing agama dengan kutipan dari kitab suci masing-masing agama.

  1. Pantai Malalayang

Pantai Malalayang photo by Indo Tourism
Pantai Malalayang photo by Indo Tourism

Pantai Malalayang adalah tempat wisata yang sebenarnya tidak jauh dari pusat Kota Manado. Jarak dari Kota Manado kurang lebih sekitar 4 kilometer.

Di tempat ini kamu bisa snorkeling, diving, dan juga berenang ria tanpa ada rasa khawatir karena ombak di tempat ini sangatlah tenang dan cocok untuk keluarga untuk berlibur kesini.

Satu-satunya ciri khas tempat ini adalah pasir pantainya yang berwarna hitam, berbeda dengan pantai lain yang kebanyakan memiliki pasir yang berwarna putih.

  1. Arung Jeram Timbukar

Arung Jeram Timbukar, photo by Tribunnews
Arung Jeram Timbukar, photo by Tribunnews

Petualangan arung jeram yang seru akan kamu dapatkan jika kamu berkunjung ke objek wisata ini. Lokasi Arung Jeram Timbukar terletak di Desa Timbukar.

Selama kamu berpetualang disini, kamu akan melewati Sungai Nimanga yang memiliki jarak 9 kilometer. Kamu bisa menikmati keindahan alam ketika sedang bermain arung jeram. Jangan lupa, setelah beres bermain arung jeram, kamu wajib menikmati kuliner yang ada disekitaran Desa Timbukar.

  1. Taman Bunga Tomohon

Taman Bunga Tomohon, photo by KSM Tour
Taman Bunga Tomohon, photo by KSM Tour

Taman Bunga Tomohon terletak di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Kamu akan menikmati keindahan alam dengan pemandangan bunga-bunga yang terhampar luas di tempat ini.

Sekedar saran, kawan turisindo yang ingin mengunjungi tempat ini coba datang disekitar bulan Juni sampai dengan bulan Agustus karena bertepatan dengan festival bunga hias yang menyajikan parade bunga serta berbagai pertunjukan seni yang sayang untuk kamu lewatkan.

  1. Gunung Mahawu

Gunung Mahawu, photo by Manadosafaris
Gunung Mahawu, photo by Manadosafaris

Tempat ini terletak di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Tak jauh dari Kota Manado, Gunung Mahawu sangat tepat untuk kamu anak backpacker yang ingin menikmati keindahan alam pegunungan tapi tak ingin mendaki terlalu jauh dan berat tentunya.

Waktu tempuh untuk mendaki gunung ini hany asepuluh menit dan kamu akan menyusuri tangga untuk dapat menikmati keindahan kawah gunung. Kamu juga bisa melihat pemandangan Kota Tomohon dan Kota Manado dari tengah tangga dan jalan setapak di Gunung Mahawu ini.

  1. Danau Tondano

Danau Tondano, photo by Publik Report
Danau Tondano, photo by Publik Report

Siapa yang tidak pernah mendengar Danau Tondano. Objek wisata ini awalnya terbentuk dari aktivitas vulkanis, yang pada dasarnya hampir sama seperti pembentukan Danau Toba di Sumatera Utara.

Danau ini diapit oleh tiga buah gunung, yaitu Gunung Kaweng, Gunung Masarang, dan Gunung Tampusu. Kamu akan menikmati sensasi pemandangan yang asri dan teduh karena apitan oleh gunung-gunung tadi.

  1. Pantai Ratatotok

Pantai Ratatotok, photo by Honda Community
Pantai Ratatotok, photo by Honda Community

Pantai ini sebenarnya dimiliki oleh salah satu perusahaan penambang emas yaitu Newmont. Walaupun dimiliki oleh swasta, namun pantai ini kebersihannya tetap terjaga dan terawat.

Kamu bisa melakukan banyak aktivitas ditempat ini seperti berenang, diving, snorkeling karena pantai ini dipenuhi dengan terumbu karang dan berbagai biota laut lain yang merupakan hasil program konservasi laut dari Newmont.

  1. Gunung Dua Saudara

Gunung Dua Saudara, photo by Trover
Gunung Dua Saudara, photo by Trover

Gunung Dua Saudara adalah salah satu objek wisata yang unik karena dari namanya saja sudah jelas bahwa ini merupakan gunung yang letaknya berdampingan dan sudah noaktif.

Gunung ini berhadapan langsung dengan Cagar Alamt Tangkoko dan memiliki tinggi 1350 meter di atas permukaan laut. Sayangnya gunung ini bukan untuk pemula karena memiliki rute pendakian yang sulit dan track yang sangat licin.

  1. Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak, photo by trapedia
Taman Laut Tumbak, photo by trapedia

Taman Laut Tumbak emmang tidak sepopuler Taman Laut Bunaken, namun tempat ini juga punya pemandangan yang sangat indah. Ada lebih dari 20 spot loh untuk kamu yang suka melakukan aktivitas di pantai seperti snorkeling dan diving.

Beberapa spot khusus yang sering dipakai untuk aktivitas snorkeling dan diving seperti Napo Kipas, Bohaga Kecil, Taman Karang, Pintu Samudra, dan lain sebagainya. Yuk mampir ke Taman Laut Tumbak.

Nah, itulah beberapa objek wisata di Manado yang wajib banget kamu kunjungi ketika berlibur dan singgah di Ibu Kota Sulawesi Utara ini ya. Yang paling penting segera persiapkan segala hal yang kamu butuhkan untuk traveling seperti itinerary, pakaian, makanan, dan tentunya kamera untuk mengabadikan seluruh momen indahmu di Manado, Sulawesi Utara.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 Turisindo.com