Connect with us

Gorontalo

10 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Keren di Gorontalo

Rekomendasi Tempat Liburan di Gorontalo

Hai para kawan turisindo, mau traveling ke Gorontalo? Ini rekomendasi tempatnya.

Gorontalo adalah salah satu daerah yang masuk bagian Indonesia Timur. Gorontalo dalam bahasa sana disebut dengan Hulontalo yang juga merupakan ibu kota Provinsi Gorontalo, Indonesia. Kota Gorontalo adalah kota terbesar sekaligus terpadat penduduknya di wilayan Teluk Tomini. Maka dari itu, Kota Gorontalo menjadi pusat ekonomi, jasa, perdagangan, dan juga pendidikan.

Kota Gorontalo memiliki julukan “Kota Serambi Madinah” dan semboyan “Adat bersendikan Syara’, Syara’ Bersendikan Kitabullah”, yaitu semboyan yang menjadi pandangan hidup masyarakat dalam memadukan adat istiadat sesuai tuntunan agama.

Ngomong-ngomong soal tempat wisata, kali ini kami akan membahas rekomendasi tempat yang cocok untuk kamu yang ingin traveling ke Gorontalo.

1. Bukit Layang Gorontalo

Wisata Bukit Layang Gorontalo
Wisata Bukit Layang Gorontalo, credit: Wisata Gorontalo

Bukit Layang Gorontalo berlokasi di Kelurahan Siendeng, Kecamatan Hulonthalangi, Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Bukit ini memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Destinasi wisata ini dikelola oleh sluruh warga yang tinggal disekitaran tempat tersebut.

Seluruh pengunjung yang datang ke tempat itu tidak dipungut biaya sepeserpun. Biasanya, lokasi ini ramai disetiap akhir pekan. Awalnya lokasi ini dibuka pada tahun 2017.

2. Pulau Diyonumo

Wisata Gorontalo Pulau Diyonumo
Wisata Gorontalo Pulau Diyonumo, credit: thenomaaddict.blog

Pulau Diyonumo berlokasi di Desa Deme 2, Kecamatan Sumalata, Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Pulau ini memang terdengar asing, namun memiliki pemandangan yang sangat indah karena memang pulau ini tergolong masih perawan karena belum ada fasilitas seperti yang biasanya ada di pulau lainnya.

Biasanya nelayan sering menepi ke pulau ini, sebagai pengunjung kita juga bisa bertransaksi membeli ikan yang telah dijaring oleh para nelayan tersebut.

Jika berangkat dari pusat Kota Gorontalo, lokasi Pulau Diyonumo ini dapat ditempuh dalam waktu dua sampai tiga jam perjalanan darat. Untuk penyebrangannya, kurang lebih akan memakan waktu 15 menit.

3. Danau Limboto

Wisata Gorontalo Danau Limboto
Wisata Gorontalo Danau Limboto, credit: Gorontalo Travel

Danau Limboto berlokasi di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Danau ini meruapakan muara dari banyaknya sungai besar yang ada di Pulau Sulawesi seperti sungai Molalahu, Bionga, Bone Bolango, Daenaa, dan juga Alo.

Luas dari danau ini adalah 3000 hektar. Oleh karena ukurannya yang sangat luas dan punya pemandangan yang indah, kamu bisa menikmati pesona alam Indonesia khas Sulawesi. Kuy kesana.

4. Rumah Adat Bantayo Poboide

Wisata Gorontalo Rumah Adat Bantayo Poboide
Wisata Gorontalo Rumah Adat Bantayo Poboide, credit: situsbudaya

Rumah Adat Bantayo Poboide berlokasi di Kayubulan, Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Tempat ini meruapakan rumah adat yang berfungsi sebagai tempat musyawarah dan biasa dipakai para baate atau pemangku adat serta tokoh agama untuk membicarakan berbagai masalah yang ada di masyarakat dan kerajaan.

Rumah adat ini punya luas sekitar 515,16 meter persegi. Di bagian depan terdapat 8 tiang dimana 2 tiang yang terletak di bagian depan dan terluar memiliki ukuran yang lebih biesar dan disebut dengan wolihi, dimana tiang tersebut menancap ke tanah dan menyangga langsung rangka atap.

5. Otanaha Fortress

Wisata Gorontalo Otanaha Fortress
Wisata Gorontalo Otanaha Fortress, credit: Wisata Asia

Otanaha Fortress berlokasi di Jl. Usman Isa, Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Tempat ini juga biasa disebut dengan Benteng Otanaha walaupun sebenarnya di tempat ini terdapat tiga benteng yaitu Benteng Otahiya, Benteng Ulupahu dan Benteng Otanaha itu sendiri.

Benteng Otanaha ini memiliki 348 anak tangga dan untuk menuju tempat tersebut, ada empat tempat persinggahan yang bisa kamu pakai untuk sejenak melepaskan lelah.

6. Benteng Ulanta

Wisata Gorontalo Benteng Ulanta
Wisata Gorontalo Benteng Ulanta, credit: Traveling Yuk

Benteng Ulanta berlokasi di Ulanta, Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Pada awalnya, Benteng Ulanta dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango pada tahun 2017. Meski belum dibuka secara resmi, benteng itu sudah ramai pengunjung.

Benteng Ulanta ini memang sengaja dibangun untuk mengajak masyarakat melihat kembali nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang berasal dari Gorontalo.

7. Pantai Biluhu Timur

Wisata Gorontalo Pantai Biluhu Timur
Wisata Gorontalo Pantai Biluhu Timur, credit: twitter @hermanismail2

Pantai Biluhu Timur berlokasi di Biluhu Timur, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Pantau Biluhu Timur ini tempatnya terpisah dengan permukiman warga.

Oleh karena tempatnya terpisah dari pemukiman warga, hal ini menjadikan kawasan yang berada di balik tebing tinggi itu seperti pulau pribadi warga.

Untuk kamu yang ingin traveling ke tempat ini, kamu bisa masuk kawasan wisata dan wajib membayar karcis sebesar Rp 10 ribu per orang.

8. Pantai Taula’a Bilato

Wisata Gorontalo Pantai Taula’a Bilato
Wisata Gorontalo Pantai Taula’a Bilato, credit: Wisata Nusantara

Pantai Taula’a Bilato berlokasi di Desa Taula’a, Bilato, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Jarak tempuhnya cukup dua jam saja dari Kota Limboto, pusat kabupaten Gorontalo.

Untuk kamu yang ingin traveling ke sana, akses ke tempat tersebut cukup mudah dan lokasinya pun berada dilingkungan masyarakat yang sangat ramah dan juga berjiwa sosial tinggi.

Bagi kamu yang tak suka dengan gelombang, dan ingin suasana air yang nyaman untuk berperahu, maka laut dikawasan ini cocok dengan selera kamu karena lautnya tak bergelombang karena posisinya berbentuk teluk.

Pemandangan yang ada di sekitar pun cukup menyegarkan mata, karena memang pantai ini memiliki pemandangan pegunungan hijau yang indah.

9. Taman Laut Olele

Wisata Gorontalo Taman Laut Olele
Wisata Gorontalo Taman Laut Olele, credit: Bizlaw

Taman Laut Olele berlokasi di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Tempat ini identik dengan pasir putih yang bertebaran disepanjang taman. Selain itu tempat ini sangat dekat dengan pemukiman warga.

Kelebihannya dengan jarak yang dekat dengan pemukiman warga tersebut, tempat ini tidak membuat perairan di sekitarnya tercemar.

Air yang dihasilkan dari Taman Laut Olele ini masih sangat bening dan bagus, terumbu karangnya pun masih padat dan terawat dengan baik. Hal ini jelas membuktikan bahwa warga sekitar masih peduli dan mengerti potensi kekayaan yang ada di daerah Taman Laut Olele ini.

10. Pulo Cinta Gorontalo

Wisata Pulo Cinta Gorontalo
Wisata Pulo Cinta Gorontalo, credit: Booking.com

Pulo Cinta Gorontalo berlokasi di Patoameme, Botumoito, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Awalnya pulau ini dijuluki pulau tanpa penghuni dan pulau ini bentuknya sangat unik, yaitu mirip dengan bentuk hati.

Pulau Cinta ini merupakan salah satu destinasi yang sangat romantis dan cocok bagi para pasangan yang memadu kasih atau untuk mereka yang ingin berbulan madu.

Untuk mencapai tempat ini, kamu harus menggunakan pesawat selama dua jam untuk mencapai Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo. Setelah sampai, kamu bisa naik kapal motor cepat yang akan langsung mengantarkan kamu ke lokasi ini dan hanya membutuhkan waktu 15 menit.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Kiki Ucup

    January 7, 2020 at 11:03 pm

    Pulau Diyonumo the best lah menurut w.. wajib banget disamperin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gorontalo

Galeri Foto Tempat Liburan di Gorontalo

Continue Reading

Facebook

Timeline

Kenalan Yuk!

Trending

Copyright © 2020 Turisindo.com