Connect with us

Sulawesi

Cobain Serunya Wisata di Alun-alun Watansoppeng

Kalian sudah pernah berwisata ke Sulawesi Selatan? Kalau belum, wajib banget coba datang ke Kota Watansoppeng yang punya cerita banyak sekali dan melegedenda.

Cobain Serunya Wisata di Alun-alun Watansoppeng
Taman Kalong di Watansoppeng, Sulawesi Selatan

Yang terkenal dari Kota Watansoppeng adalah alun-alun yang selalu dipenuhi dengan banyak sekali pengunjung baik itu wisatawan lokal, maupun internasional, atau wisatawan dari luar daerah Sulawesi.

Banyak sekali mitos yang sangat diyakini oleh masyarakat setempat dan bahkan menjadi kebanggaan tersendiri lho dari masyarakat Soppeng itu. Banyak sekali bangunan tua kolonial jaman dulu yang menjadi peninggalan hingga pohon asal yang sangat indah menghiasi sekitaran alun-alun Soppeng.

Baca Juga: 10 Tempat Rekomendasi Liburan di Gorontalo

Kota Watansoppeng itu sendiri adalah ibu kota dari Kabupaten Soppeng, bagian dari provinsi Sulawesi Selatan. Jika kamu ingin menuju ke lokasi ini, kamu bisa menempuh kurang lebih 5 hinggal 6 jam perjalanan darat.

Pemandangan yang sangat indah akan kamu lihat diperjalanan menuju Kota Watansoppeng ini. Pemandangan dari pedesaan, pegunungan yang menjuntai sepanjang jalan dan juga area pertanian akan membuat kalian semua melek.

Cobain Serunya Wisata di Alun-alun Watansoppeng
Peninggalan Belanda di Watansoppeng

Mitos yang sangat dipercaya oleh masyarakat Soppeng ini adalah kelelawar yang ada disekitaran sini diizinkan oleh Raja Latemmala untuk tinggal dan menetap di pohon-pohon asam di sana, namun tidak boleh memakan buah-buah hasil pertanian masyarakat. Mitos yang juga menarik selain soal kelelawar itu adalah jika pendatang datang dan terkena kotoran kelelawar ini, maka akan diyakini akan mendapatkan jodoh yang berasal dari Kota Watansoppeng ini.

Kerennya, alun-alun Watansoppeng ini punya bangunan yang sudah sangat tua hasil peninggalan kolonial Belanda jaman dulu dan terletak diketinggian dengan pemandangan pegunungan yang sangat indah serta sejuk terasa dan bangunan ini dikenal dengan nama Villa Yulianna sejak tahun 1905.

Yulianna sendiri adalah anak dari Ratu Belanda yaitu Ratu Wilhelmina dan punya arsitektur perpaduan budaya eropa dan juga bugis. Masyarakat setempat meyakini villa ini angker karena memang sering muncul penampakan seorang none dari Belanda yang mengenakan gaun jaman dulu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sulawesi

Galeri Foto Objek Wisata di Mamuju, Sulawesi Barat

Di Mamuju, Sulawesi Barat terdapat banyak tempat menarik untuk menghilangkan stres kerjaan. Ini galeri foto objek wisata di Mamuju yang tak pernah sepi turis.

Continue Reading

Sulawesi

6 Destinasi Wisata di Mamuju yang Menarik Hati para Wisatawan

Berlibur ke daerah Mamuju merupakan pilihan yang tepat bagi kamu bersama teman ataupun keluarga. Memiliki banyak objek wisata keren dan menarik perhatian setiap mata memandang.

Sejuta panorama alam yang mempesona bisa kamu temui di sebuah Kabupaten Sulawesi bagian barat. Ada sederet nama destinasi wisata di Mamuju yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Nama Destinasi Wisata di Mamuju yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

Destinasi Wisata di Mamuju yang Menarik Hati para Wisatawan

Destinasi Wisata di Mamuju yang Menarik Hati para Wisatawan

Berlibur ke daerah Mamuju merupakan pilihan yang tepat bagi kamu bersama teman ataupun keluarga. Memiliki banyak objek wisata keren dan menarik perhatian setiap mata memandang. Simak beberapa ulasan berikut ini:

1. Pantai Lombang-lombang

Pantai Lombang Lombang, photo by Febry Mayu

Pantai Lombang Lombang, photo by Febry Mayu

Pantai Lombang-Lombang terletak di daerah Sinyanyoi, Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat. Kamu bisa menempuh waktu selama 1 jam perjalanan darat dari pusat kota untuk mencapai kawasan indah nan mempesona ini.

Karena ombaknya yang tenang dan tidak terlalu besar, sehingga Pantai Lombang-Lombang ini sangat cocok bagi kamu untuk melakukan snorkeling atau sekedar berenang saja. Pada tepian, disediakan banyak gazebo sebagai tempat istirahat sembari memakan bekal.

2. Air Terjun Tamasapi

Air Terjun Tamasapi, photo by Kumparan

Air Terjun Tamasapi, photo by Kumparan

Selain banyaknya pantai, ada destinasi wisata alam yang lain dan mempesona yaitu air terjun. Tamasapi terletak di Desa Mamunyu, Mamuju, Sulawesi Barat. Memiliki curah aliran cukup deras setinggi 75 meter dengan pemandangan sangat menakjubkan.
Ada yang unik dikawasan ini.

Setiap kali musim durian, terdapat banyak penjual dari warga sekitar menjajakan durian dengan harga murah ditepian jalan menuju curuk. Kamu bisa menikmatinya sembari bersantai disekitar Air Terjun Tamasapi.

3. Air Terjun Malute

Air Terjun Malute, photo by Pesonamandar

Air Terjun Malute, photo by Pesonamandar

Satu lagi curuk yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Mamuju, Sulawesi Barat, yaitu Air Terjun Malute. Tempat ini benar-benar akan memanjakan pengunjung dan membuat terpesona melihat panorama alamnya.

Air Terjun Malute memberikan keindahan dan juga kesejukan. Lokasinya dikelilingi oleh bukit-bukit hijau. Aliran airnya pun terbilang cukup deras dengan ketinggian 30 meter. Kamu pun akan merasa aman ketika ingin bermain di area bawah atau sekitarnya.

4. Tempat Wisata Kelapa Tujuh

Tempat Wisata Kelapa Tujuh, photo by Sulbarpedia

Tempat Wisata Kelapa Tujuh, photo by Sulbarpedia

Tempat wisata kelapa tujuh terletak di desa Rimuku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Kamu bisa melihat keindahan kawasan ini pada malam hari, karena kondiri lampu-lampu kota yang bersinar akan tampak sangat indah ketika itu.

Dari wisata Kelapa Tujuh ini, kamu bisa meilhat pesisir Anjungan Pantai Manakarra dan juga keindahan pesona Pulau Karampuang. Di tempat inipun, pengunjung bisa mengabadikan moment bersama pemandangannya yang indah dan menawan.

5. Anjungan Pantai Manakarra

Anjungan Pantai Manakarra, photo by 8enam

Anjungan Pantai Manakarra, photo by 8enam

Ada banyak sekali spot-spot menarik yang bisa kamu gunakan untuk berfoto di Anjungan Pantai Manakarra. Seperti gong perdamaian, payung-payung hidrolik layaknya di Masjid Nabawi, Madinah, dan tulisan besar bertuliskan nama kawasan tersebut.

Jika Makassar mempunyai Losari, Mamuju hadir dengan Anjungan Pantai Manakarra. Tempat ini juga ramai dikunjungi oleh warga sekitar dan telah menjadi public space untuk sekedar nongkrong bersama teman-teman, olahraga, atau sekedar menikmati keindahannya.

6. Pulau Karampuang

Pulau Kampuang, photo by Indonesia Kaya

Pulau Kampuang, photo by Indonesia Kaya

Pilihan destinasi menarik selanjutnya adalah Pulau Karampuang. Letaknya di seberang Mamuju, Sulawesi Barat. Terlihat jelas dari arah Anjungan Pantai Manakarra. Jaraknya pun dekat dengan pusat kota, sehingga menawarkan suasana tenang disekitarnya.

Menurut legenda, Karampuang memiliki rembulan (menurut bahasa Mamuju). Semula, tempat ini bernama Pulau Liutang, adanya seorang seniman lokal menciptakan lagu berjudul Karampuang di tempat ini, akhirnya hingga sekarang populer dengan sebutan Karampuang.

Demikian informasi mengenai destinasi wisata di Mamuju yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Jangan sia-siakan kesempatan berlibur menyenangkan bersama dengan menikmati keindahan alam Sulawesi Barat. Semoga bermanfaat.

Continue Reading

Sulawesi

Galeri Tempat Wisata Sumatera Utara

Continue Reading

Facebook

Timeline

Kenalan Yuk!

Trending

Copyright © 2020 Turisindo.com