Connect with us

Sulawesi

Cobain Serunya Wisata di Alun-alun Watansoppeng

Kalian sudah pernah berwisata ke Sulawesi Selatan? Kalau belum, wajib banget coba datang ke Kota Watansoppeng yang punya cerita banyak sekali dan melegedenda.

Cobain Serunya Wisata di Alun-alun Watansoppeng
Taman Kalong di Watansoppeng, Sulawesi Selatan

Yang terkenal dari Kota Watansoppeng adalah alun-alun yang selalu dipenuhi dengan banyak sekali pengunjung baik itu wisatawan lokal, maupun internasional, atau wisatawan dari luar daerah Sulawesi.

Banyak sekali mitos yang sangat diyakini oleh masyarakat setempat dan bahkan menjadi kebanggaan tersendiri lho dari masyarakat Soppeng itu. Banyak sekali bangunan tua kolonial jaman dulu yang menjadi peninggalan hingga pohon asal yang sangat indah menghiasi sekitaran alun-alun Soppeng.

Baca Juga: 10 Tempat Rekomendasi Liburan di Gorontalo

Kota Watansoppeng itu sendiri adalah ibu kota dari Kabupaten Soppeng, bagian dari provinsi Sulawesi Selatan. Jika kamu ingin menuju ke lokasi ini, kamu bisa menempuh kurang lebih 5 hinggal 6 jam perjalanan darat.

Pemandangan yang sangat indah akan kamu lihat diperjalanan menuju Kota Watansoppeng ini. Pemandangan dari pedesaan, pegunungan yang menjuntai sepanjang jalan dan juga area pertanian akan membuat kalian semua melek.

Cobain Serunya Wisata di Alun-alun Watansoppeng
Peninggalan Belanda di Watansoppeng

Mitos yang sangat dipercaya oleh masyarakat Soppeng ini adalah kelelawar yang ada disekitaran sini diizinkan oleh Raja Latemmala untuk tinggal dan menetap di pohon-pohon asam di sana, namun tidak boleh memakan buah-buah hasil pertanian masyarakat. Mitos yang juga menarik selain soal kelelawar itu adalah jika pendatang datang dan terkena kotoran kelelawar ini, maka akan diyakini akan mendapatkan jodoh yang berasal dari Kota Watansoppeng ini.

Kerennya, alun-alun Watansoppeng ini punya bangunan yang sudah sangat tua hasil peninggalan kolonial Belanda jaman dulu dan terletak diketinggian dengan pemandangan pegunungan yang sangat indah serta sejuk terasa dan bangunan ini dikenal dengan nama Villa Yulianna sejak tahun 1905.

Yulianna sendiri adalah anak dari Ratu Belanda yaitu Ratu Wilhelmina dan punya arsitektur perpaduan budaya eropa dan juga bugis. Masyarakat setempat meyakini villa ini angker karena memang sering muncul penampakan seorang none dari Belanda yang mengenakan gaun jaman dulu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sulawesi

Galeri Foto Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara

Continue Reading

Sulawesi

10 Destinasi Wisata di Sulawesi Tenggara, Surganya Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi adalah salah satu pulau yang memang memiliki banyak tempat wisata menarik, terkhusus Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara. Jika di Sulawesi Utara memiliki Bunaken, maka Sulawesi Tenggara punya banyak tempat wisata yang menjadi surga di Pulau Sulawesi.

Wisata Sulawesi Tenggara, Indonesia
Wisata Sulawesi Tenggara, Indonesia

Yang paling hits dan paling sering dikunjungi misalnya Wakatobi National Park, Buton Sultanate Palace Fortress, Pulau Hoga, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Tukangbesi Islands, Nirwana Beach, dan banyak sekali tempat wisata lainnya yang bisa kalian kunjungi, baik bersama pasangan, maupun dengan keluarga. Eh, yang terpenting jangan sama selingkuhan ya!

Di Provinsi Sulawesi Tenggara ini memang memiliki tempat wisata yang didominasi dengan wisata bahari-nya. Namun banyak juga tempat wisata lain yang layak sekali untuk kalian kunjungi ketika berkunjung ke Sulawesi Tenggara.

Turisindo akan membahas secara lengkap tempat wisata mana saja yang menjadi rekomendasi untuk kalian para traveler yang akan berkunjung ke Provinsi Sulawesi Tenggara. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Danau Biru

Danau Biru, photo by Pariwisataku
Danau Biru, photo by Pariwisataku

Di Sulawesi Tenggara ternyata punya danau yang sangat indah dengan warna birunya. Danau cantik yang menarik untuk kamu kunjungi ini adalah Danau Biru. Dengan luas sekitar 164 meter, air di Danau Biru merupakan air payau yang cukup dingin. Kedalaman dari Danau Biru pun hanya sekitar 7 meter saja sehingga cukup aman untuk kamu yang ingin snorkeling untuk melihat biota laut yang ada di dalamnya.

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Danau Biru, kamu harus naik tangga-tangga kecil untuk menuju Danau. Pepohonan rindang di sekitar Danau juga menjadikan suasana di sini semakin terasa sejuk. Kamu bahkan juga bisa free jump dari ketinggian 7 meter yang terletak di samping kanan danau. Keren kan?

Air Terjun Samparona

Air Terjun Samparona, photo by Kompasiana
Air Terjun Samparona, photo by Kompasiana

Siapa yang hatinya tidak bahagia ketika melihat air terjun yang indah di depan matanya. Air Terjun Samparona adalah tempat wisata yang pas untuk kamu yang sedang dalam kondisi emosi karena bisa meredamkan emosi kamu dengan melihat dan mendengar gemuruh suara di air terjun ini.

Air Terjun Samparona ini sendiri diapit oleh dua tebing dan berada di tengah hutan. Untuk sampai ke sini, kamu harus melalui perjalanan yang cukup sulit karena jalur yang belum terlalu bagus. Tetapi, semua kelelahan tersebut akan terbayar setelah kamu sampai ke tempat yang sangat menyegarkan ini.

Sungai Tamborasi Kolaka

Sungai Tamborasi, photo by instagram/welitayusuf
Sungai Tamborasi, photo by instagram/welitayusuf

Salah satu wisata yang keren di Sulawesi Tenggara adalah Sungai Tamborasi Kolaka. Sungai ini adalah sungai terpendek di dunia, lho. Ada mitos bahkan apabila kalian yang bisa mengikatkan tali pada akar pohon disekitaran sungai ini, maka jodoh akan segera datang menghampiri kalian. Percaya gak?

Sungai Tamborasi Kolaka memiliki air yang jernih dan letaknya berjejeran langsung dengan hutan dan pantai. Salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan di Sungai Tamborasi Kolaka adalah berenang atau sekadar bermain air sambil berfoto.

Untuk menuju ke lokasi sungai ini, kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua dari pusat kota Kolaka yang jaraknya hanya dalam waktu 1-2 jam dengan jarak tempuh sekitar 90 km. Di sepanjang perjalanan mata kita akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam.

Teluk Kendari

Teluk Kendari, photo by Mongabay Indonesia
Teluk Kendari, photo by Mongabay Indonesia

Tidak bisa dipungkiri, pemandangan indah di sore hari Teluk Kendari sangat indah. Dengan suasana sejuk dan angin semilir membuat kita nyaman sambil bersantai dan mengobrol bersama keluarga dan orang tercinta.

Dengan luas perairan sekitar hampir 18 kilometer persegi dan panjang garis pantai hampir 86 kilometer, Teluk Kendari memiliki berjuta potensi yang unik dan cocok untuk dikunjungi para turis lokal maupun mancanegara.

Pulau Bokori

Pulau Bokori, photo by bugistraveler
Pulau Bokori, photo by bugistraveler

Pulau Bokori merupakan salah satu pulau kecil di Sulawesi yang juga menjadi objek wisata kesayangan warga sekitaran dan wilayah ini merupakan perkampungan masyarakat dari nelayan Suku Bajo.

Sejarahnya, sekitar di pertengahan tahun 80an, puluhan orang dari Suku Bajo mulai menetap di pesisir Pulau Bokori dan para pengembara laut perlahan dipindahkan ke Soropia oleh pemerintah setempat.

Yang bikin mata kita tak berhenti berkedip adalah pasir yang dialiri ombak kecil dengan laut yang berwarna biru terang membuat kita nyaman untuk melihat seluas-luasnya dari Pulau Bokori ini.

Pulau Liwutongkidi

Pulau Liwutongkidi, photo by traveling.co.id
Pulau Liwutongkidi, photo by traveling.co.id

Kamu yang ingin melihat suasana pantai di Sulawesi Tenggara berkunjunglah ke Pantai Liwutongkidi, sebuah pantai yang punya keindahan alami yang benar-benar masih bersih dan sejuk.

Kalian para traveler yang ingin menuju ke sini kamu bisa menggunakan transportasi seperti pesawat dengan jarak tempuh sekitar 1 jam dari kota Kendari. Kamu juga bisa menggunakan kapal laut dengan lama perjalanan sekitar 4 jam.

Keindahan yang bisa kamu lihat selama berkunjung ke Pantai Liwungtongkidi adalah berbagai jenis terumbu karangnya dan kondisi pantai yang masih sangat bersih dan alami, jadi kamu akan benar-benar merasakan surga di Sulawesi ini.

Taman Laut Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi, photo by scubadivermag
Taman Nasional Wakatobi, photo by scubadivermag

Siapa yang disini mendengar kata “Wakatobi” dari komika Arie Kriting? Ya, Taman Laut Wakatobi ini memang sangat populer di Sulawesi Tenggara bagi para traveler.

Pemandangan yang indah di destinasi wisata ini dikenal juga sebagai surga bawah laut Sulawesi. Bagaimana tidak, semua keindahan bahari ada di tempat ini, mulai dari birunya laut, ikan yang berwarna warni serta udara yang sangat sejuk.

Daerah Wakatobi sendiri ditetapkan sebagai Taman Nasional Wakatobi pada tahun 1996 lalu. Di dalam area seluas 1,39 juta hektar, kamu akan melihat keanekaragaman hayati yang terdiri dari karang dan biota laut.

Di Taman Wisata Wakatobi ini para turis lokal maupun internasional diperbolehkan untuk melakukan berbagai macam kegiatan, seperti halnya snorkelling, diving, memancing atau pun sekedar berenang.

Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo, photo by blog dagrinizar
Air Terjun Moramo, photo by blog dagrinizar

Air Terjun Moramo adalah salah satu tujuan destinasi wisata yang indah dan cocok dikunjungi dikala waktu liburan.

Dengan ketinggian sekitar 100 meter, Air Terjun Moramo sendiri terdiri dari 7 buah undakan besar dan 60 undakan kecil sehingga menjadikannya terlihat berbeda dari air terjun kebanyakan. Meski begitu, bebatuan di sini tidak licin untuk dipijaki karena area Air Terjun Moramo sendiri berada di daerah bebatuan kapur.

Fasilitas yang bisa kamu nikmati disini adalah bisa berendam di sekitar kolam air terjunnya yang sangat dingin dan menyegarkan. Kamu bisa sampai ke sini kamu bisa menempuhnya dari Kota Kendari yang berjarak sekitar 40 km.

Bukit Modus, RawaOpa National Park

Bukit Modus, photo by Sultraveler
Bukit Modus, photo by Sultraveler

Di lokasi ini kalian bisa menikmati keindahan pemandangan alam terbuka. Bukit Modus bahkan dijuluki “Taman Surga” dari Sulawesi Tenggara. Modus merupakan kependekan dari Moronene Dusun yang konon lokasinya tak jauh dari pemukiman suku asli Moronene.

Bukit ini memiliki ketinggian 125 mdpl dan menjadi salah satu destinasi favorit anak muda atau millennial Sulawesi Tenggara khususnya Konawe Selatan dan Kendari. Bukit Modus merupakan bagian dari perbukitan yang sejak dulu dikenal dengan Hoki-hokio. Wilayahnya melingkupi tanah Poleang, Laea dan area-area sekitarnya.

Untuk kalian yang ingin mengunjungi Bukit Modus ini, kalian akan melewati pemukiman Hukaea-Laea oleh jalan setapak dengan panjang 6,8 km yang dapat ditempuh sekitar 30 menit menggunakan motor. Selain itu, kalian juga bisa melewati jalan poros Konawe Selatan – Bombana yang dapat ditempuh sekitar 1 – 1,5 jam perjalanan dari kantor Balai TNRAW.

Rekomendasi kami untuk waktu berkunjung terbaik adalah bulan Agustus – Desember, dimana aksesibilitas menuju Bukit Modus kondisinya sangat baik. Dari Andoolo, ibukota Kabupaten Konawe Selatan, lokasi ini dapat dijangkau 2 jam perjalanan mengendarai kendaraan roda empat.

SOR (Sarana Olah Raga) Kota Raha

SOR (Sarana Olah Raga) Kota Raha, photo by wikimedia
SOR (Sarana Olah Raga) Kota Raha, photo by wikimedia

SOR Kota Raha merupakan salah satu destinasi wisata yang membuat kita merasakan sensasi berada di “Negri Sakura” Jepang. Kamu akan merasakan suasana musim semi di Jepang jika kamu mengunjungi tempat ini.

Lokasi tempat ini berada di simpang enam Jalan Bypass Raha, pintu gerbang kedua menjadi salah satu pilihan memasuki kawasan SOR (Sarana Olah Raga) di Pantai La Ode Pandu yang menjadi tempat tujuan sebagian besar masyarakat untuk menikmati suasana pusat Kota Raha sambil berolahraga.

Nah, itulah dia beberapa destinasi wisata di Provinsi Sulawesi Tenggara, yang sering disebut sebagai surganya Pulau Sulawesi. Tempat mana yang kira-kira kalian ingin kunjungi jika ada kesempatan untuk berlibur ke Sulawesi Tenggara?

Continue Reading

Sulawesi

Video Wisata Danau Tambing, Poso

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 Turisindo.com