Connect with us

Lampung

10 Tempat Wisata Terfavorit di Provinsi Lampung

Tempat Wisata Terfavorit di Provinsi Lampung

Provinsi Lampung adalah salah satu privinsi yang berada di Pulau Sumatra dan juga merupakan daerah yang paling selatan di pulau tersebut. Provinsi ini memiliki dua kota yang besar dan punya penduduk lumayan padat, yaitu Kota Metro dan Kota Bandar Lampung dan juga memiliki 13 kabupaten.

Tempat ini juga banyak dijadikan tempat wisata saat sedang musim liburan. Untuk yang menggunakan kapal laut, bisa menuju ke Pelabuhan Panjang ataupun pelabuhan Bakauheni. Untuk yang menggunakan pesawat, bisa menuju bandar udara Radin Inten II yang lokasinya tidak jauh dari Kota Bandar Lampung, kurang lebih sekitar 28 kilometer. Untuk yang menggunakan kereta, bisa menuju Stasiun Tanjungkarang di Kota Bandar Lampung.

Jika kamu sudah menginjakan kaki di Lampung, kira-kira apakah kalian sudah tau destinasi atau tujuan liburan kalian? Jika belum tau kami akan mengulas mengenai tempat terfavorit di Lampung buat semua kawan turisindo agar gak kebingungan ketika ada di Lampung, simak liputannya.

1. Taman Nasional Way Kambas

Wisata Lampung Taman Nasional Way Kambas
Wisata Lampung Taman Nasional Way Kambas, credit: Direview ID

Taman Nasional Way Kambas berlokasi di Kabupaten Lampung Timur, Lampung. Ini meruapakan taman nasional yang paling tua di Indonesia. Berbanggalah kamu yang sudah pernah atau sedang mengatur rencana untuk berlibur kesini.

Wisata Lampung Taman Nasional Way Kambas
Wisata Lampung Taman Nasional Way Kambas, credit: Pesona Travel

Yang istimewa ketika kamu kesini, kamu akan melihat salah satu mamalia terbesar di darat. Ya. Ia adalah Gajah Sumatra atau bahasa ilmiahnya adalah Elephas Maximus Sumatranensis. Disini kamu bisa bertemu langsung dan berinteraksi dengan si gajah, dan kamu akan mendapatkan ilmu bagaimana merawat gajah dan melihat perkembangannya.

Wisata Lampung Taman Nasional Way Kambas
Wisata Lampung Taman Nasional Way Kambas, credit: Sepatu Kumal

Untuk kamu yang akan menuju ke tempat ini, kamu bisa menghubungi kontak (0725) 44220. Lokasi ini buka pukul lima pagi sampai dengan enam sore, jadi jangan mepet ya, gajah juga butuh istirahat. Tiket masuknya tidak terlalu merogoh kocek yang mendalam, cukup dengan 20 ribu rupiah saja untuk konservasi gajah dan 30 ribu rupiah untuk konservasi badak.

2. Pantai Dewi Mandapa

Wisata Lampung Pantai Dewi Mandapa
Wisata Lampung Pantai Dewi Mandapa, credit: Info Lampung

Pantai Dewi Mandapa berlokasi di Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pantai ini biasanya ramai didatangi para pasangan yang mau berlibut ke tempat ini dan juga mengenang masa lalu ketika masih pacaran, untuk mereka yagn sudah menikah. Spot yang keren mendukung semua itu.

Yang bikin tempat ini keren adalah Dermaga Asmara yang memang memiliki pemandangan hutan mangrove yang indah dan dermaga tersebut berbentuk hati, sesuai dengan namanya.

Wisata Lampung Pantai Dewi Mandapa
Wisata Lampung Pantai Dewi Mandapa, credit: Travelingan

Untuk menuju tempat ini kamu bisa menghubungi kontak pengelola di 0821-8505-0577 dan gak usah khawatir, tempat ini buka setiap hari mulai pukul delapan pagi sampai dengan sepuluh malam. Jika kamu ingin menuju lokasi ini, kamu bisa melalui Jalan Pramuka- Jalan Teuku Cik Ditiro kemudian menelusuri Jalan Raden Imba Kusuma Ratu yang menuju Padang Cermin. Atau, melalui jalan dalam kota yang menuju arah Teluk Betung melewati kawasan Kantor Pemerintahan Kota Bandar Lampung sampai kawasan Gudang Garam dan mengikuti alur ke Padang Cermin. Untuk tiket masuk kamu hanya perlu membayar 10 ribu rupiah untuk Senin-Jum’at dan 15 ribu rupiah untuk akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

3. Pantai Gigi Hiu

Wisata Lampung Pantai Gigi Hiu
Wisata Lampung Pantai Gigi Hiu, credit: Backpacker Jakarta

Pantai Gigi Hiu berlokasi di Desa Pegadungan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Dari namanya saja sudah jelas, pantai ini memliki bebatuan yang mirip dengan gigi hiu yang tajam dan runcing ditambah dengan gelombang air yang menabrak bebbatuan membuat spot foto makin keren.

Tempat ini keren banget, karena walaupun punya bebatuan yang tajam dan juga runcing, namun pengunjung masih bisa berenang disekitaran lokasi sambil berfoto untuk diposting di sosial media.

Wisata Lampung Pantai Gigi Hiu
Wisata Lampung Pantai Gigi Hiu, credit: Pegipegi

Untuk menuju Pantai Gigi Hiud, kamu bisa menuju Kota Lampung mengikuti jalur menuju ke Teluk Kiluan selama empat jam dan dilanjutkan ke Desa Puyung. Setelah sampai, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek dengan biaya 150 ribu untuk rute pulang pergi.

4. Teluk Kiluan

Wisata Lampung Teluk Kiluan
Wisata Lampung Teluk Kiluan, credit: Teluk Kiluan

Teluk Kiluan berlokasi di Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tanggamus, Lampung 35379. Tempat ini sebenarnya sangat jauh dari Kota Bandar Lampung, sekitar 80 kilometer.

Wisata Lampung Teluk Kiluan
Wisata Lampung Teluk Kiluan, credit: KSM Tour

Keistimewaan tempat ini adalah kamu bisa mengarungi laut menggunakan perahu nelayan dan kamu bisa melihat lumba-lumba hidung botol atau bahasa ilmiahnya adalah Tursiops Aduncus yang berenang mengiringi kamu di samping perahu yang kamu gunakan.

Untuk menuju lokasi ini kamu bisa menghubungi kontak 0812-7268-883 dan untuk biaya yang akan kamu keluarkan sekitar 250 ribu rupiah untuk menyewa perahu (untuk empat orang) dan juga 60 ribu rupiah per kepala untuk tiket masuk, dan juga 40 ribu untuk jaket penyelamat. Untuk akomodasi atau penginapan sekitar 350 ribu – 400 ribu per malam. Walaupun sekilas terlihat mahal, tapi kamu gak akan nyesel deh liburan kesini.

5. Air Terjun Ciupang

Wisata Lampung Air Terjun Ciupang
Wisata Lampung Air Terjun Ciupang, credit: Jejak Krismon

Air Terjun Ciupang berlokasi di Dusun Purwajaya, Desa Sumberjaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Tempat ini adalah tempat dimana dinding batu menjadi landasan dari air yang berasal dari atas tebing.

Yang bikin keren adalah struktur batu dari air terjun itu sendiri yang membuat Tebing Baru Hitam menjadi latar belakang yang menarik untuk kamu berfoto bersama keluarga, atau bahkan gebetan.

Wisata Lampung Air Terjun Ciupang
Wisata Lampung Air Terjun Ciupang, credit: Sportourism

Untuk menuju lokasi ini, kamu bisa menuju Kota Bandar Lampung melewati jalan Laksamana RE. Martadinata ke arah pertigaan Padang Cermin. Perjalanan tersebut ditempuh selama tiga jam hingga ke Desa Sumberjaya dengan mengikuti petunjuk jalan. Perjalanan dilanjutkan dengan tracking selama 20 menit sampai ke lokasi tersebut. Selamat mencoba.

6. Air Terjun Putri Malu

Wisata Lampung Air Terjun Putri Malu
Wisata Lampung Air Terjun Putri Malu, credit: Anna Rosanna

Air Terjun Putri Malu berlokasi di Juku Batu, Banjit, Kabupaten Way Kanan, Lampung 34766, Indonesia. Air terjun ini termasuk dalam kategori air terjun hujan tropis, jadi ga akan bikin km nyesel liburan dan refreshing ke tempat ini.

Yang bikin keren tempat ini adalah bentuk kucuran air yang berbeda dari kebanyakan air terjun. Hal lain yang bikin kita takjub adalah tempat ini berada di tengah pegunungan hutan hujan tropis. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 80 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini jatuh ke bawah melengkung lembayung menyerupai punggung manusia yang sedang mandi, hal inilah yang mendasari curup ini dinamakan “Putri Malu”.

Wisata Lampung Air Terjun Putri Malu
Wisata Lampung Air Terjun Putri Malu, credit: Warta Wisata ID

Tempat ini buka hanya setiap akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu pukul 6 pagi sampai dengan 6 sore hari. Tiket masuk tidak mahal, kamu hanya cukup membayar dengan 10 ribu rupiah saja. Untuk menuju tempat ini tidak begitu sulit karena kami bisa menuju jalan lintas Sumatra dan berhenti di persimpangan ke atah SMUN 1 Baradatu, lokasinya persis berada disana.

7. Bukit Pangonan

Wisata Lampung Bukit Pangonan
Wisata Lampung Bukit Pangonan, credit: Backpacker Jakarta

Bukit Pangonan berlokasi di Jl. Raya Danau, Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung. Bukit ini paling cocok didatangi oleh para pasangan, baik yang sudah menikah, maupun yang belum menikah, tapi jangan yang kumpul kebo ya. Bukit ini memang romantis karena banyak sekali spot foto yang diperuntukan untuk pasangan.

Wisata Lampung Bukit Pangonan
Wisata Lampung Bukit Pangonan, credit: Backpacker Jakarta

Pemandangan di tempat ini didominasi oleh panorama pepohonan yang berwarna hijau dan membuat mata kita menjadi lebih segar. Spot di Bukit Pangonan ini sangat banyak, bahkan pengelola menyediakan tempat foto khusus untuk keluarga yang mengunjungi tempat ini.

Wisata Lampung Bukit Pangonan
Wisata Lampung Bukit Pangonan, credit: Backpacker Jakarta

Jika kamu ingin berkunjung kesini, kamu cukup membayarkan tiga ribu rupiah saja per kepala dan tempat ini dibuka mulai pukul delapan pagi hari sampai dengan 6 sore. Untuk mengunjungi tempat ini, kamu cukup menghabiskan waktu kurang lebih 45 menit dari daerah Gisting menuju Kabupaten Pringsewu. Namun jika kamu dari Kota Bandar Lampung, maka menghabsikan waktu sekitar 1,5 – 2,5 jam.

8. Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Taman Batu Granit Tanjung Bintang
Taman Batu Granit Tanjung Bintang, credit: Diah Ayu NZ

Taman Batu Granit Tanjung Bintang berlokasi di Perkebunan Karet PTPN VII Afdeling Bergen, Purwodadi Dalam, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan. Dari atas taman ini, kamu bisa elihat panorama dan pemandangan keren dari hutan yang ada disekitaran lokasi dan juga kebun karet.

Taman Batu Granit Tanjung Bintang
Taman Batu Granit Tanjung Bintang, credit: Malahayati

Tempat ini sangat keren karena ramai sekali pengunjungnya. Jika kamu ingin menuju tempat ini, pastikan jangan pada saat hari libur nasional, coba cari hari lain yang tidak terlalu berpotensi orang-orang datang kesini. Jarak tempat ini dari pusat kota adalah 30 kilometer.

Taman Batu Granit Tanjung Bintang
Taman Batu Granit Tanjung Bintang, credit: Travelerien

Untuk menuju ke tempat ini, kamu bisa menggunakan rute, dan rute yang harus kamu lalui adalah Jl. P. Antasari – Jl. Tirtayasa – Jl. Sutami – Pasar Pal Putih Tanjung Bintang – kemudian berbeloklah ke kanan menuju desa Purwodadi Dalam.

9. Laguna Dodo

Wisata Lampung Laguna Dodo
Wisata Lampung Laguna Dodo, credit: Pesona Travel

Laguna Dodo berlokasi di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kalumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung Selatan. Tempat ini biasa dikunjungi wisatawan lokal Lampung, maupun warga dari luar Lampung.

Yang bikin keren adalah tempat ini bisa memberikan kamu pengalaman dan sensasi berendam air asin yang jarang ditemui ditempat-tempat lainnya. Kamu juga akan menjumpai kolam-kolam kecil yang dalamnya tak lebih dari dua meter.

Wisata Lampung Laguna Dodo
Wisata Lampung Laguna Dodo, credit: Native Indonesia

Untuk menuju lokasi ini, kamu tak perlu khawatir, kamu tak harus membayar tiket alias gratis, tapi jika kamu ingin menggunakan tambahan penunjuk jalan atau guide, kamu cukup membayar dengan 50 ribu saja.

10. Mata Air Way Sumpuk

Wisata Lampung Mata Air Way Sumpuk
Wisata Lampung Mata Air Way Sumpuk, credit: KSM Tour

Mata Air Way Sumpuk berlokasi di Desa Umbul Buah, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Kamu akan berdecak kagum melihat pemandangan di bawah air yang keren banget. Mata air ini menjadi salah satu destinasi alternatif untuk kawan turisindo untuk yang ingin liburan di Lampung.

Wisata Lampung Mata Air Way Sumpuk
Wisata Lampung Mata Air Way Sumpuk, credit: Ngademcom

Yang bikin keren adalah pemandangan bawah laut dan juga beberapa perintilan dan pernahk pernik yang ada di dasar air yang memang bisa digunakan untuk berfoto bersama sanak saudara ataupun dengan kekasih hati tercinta.

Wisata Lampung Mata Air Way Sumpuk
Wisata Lampung Mata Air Way Sumpuk, credit: Sumekscom

Untuk harga tiket masuk tempat wisata mata air ini, kamu gak perlu khawatir karena harganya sangat mudah alias gratis. Kamu hanya perlu membayarkan biaya penitipan kendaraan sebesar dua ribu rupiah saja.

Nah, bagaimana menurut kalian tentang tempat wisata terfavorit di Lampung ini? Ada yang berminat mau liburan kesini? Backpackeran yuk hubungi 0817-6868-584.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lampung

Galeri Foto Tempat Liburan di Lampung

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 Turisindo.com