Connect with us

Sumatera

Wisata Air Terjun Sipiso-piso Sumatra Utara

Sumatera

Wisata Pulau Samosir, Sumatra Utara

Continue Reading

Aceh

Galeri Foto Tempat Wisata di Aceh

Continue Reading

Aceh

10 Destinasi Wisata Banda Aceh yang Memikat

Destinasi Wisata Banda Aceh yang Memikat

Untuk kamu yang belum tahu bahwa ibu kota provinsi Aceh adalah Banda Aceh. Kota ini merupakan pintu masuk menuju daratan Pulau Sumatra di sisi utara. Banyak juga orang menamakan kota ini dengan sebutan Serambi Mekah diakrenakan kota ini merupakan lokasi penyebaran agama Islam pertama di Indonesia. Lalu apakah destinasi wisata di daerah ini yang bisa memikat para wisatawan dan turis lokal maupun internasional?

Destinasi yang ada di Banda Aceh tak hanya sedikit, banyak juga bahkan yang belum tahu, maka dari itu kita akan kulik untuk para kawan turisindo tentunya.

Sebelumnya, untuk yang belum mengetahui jika kamu ingin menuju Banda Aceh, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan seperti bus, atau kapal laut, bahkan pesawat. Ya walaupun memang harganya cukup mahal dan sepertinya ga cocok untuk kamu yang tipenya anak backpacker banget.

Untuk yang ingin naik pesawat, kamu bisa mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, dan untuk kamu yang menaiki kapal laut, kamu bisa menuju Pelabuhan Malahayati yang memang lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Banda Aceh sendiri.

Yuk langsung aja kita simak beberapa destinasi wisata di Kota Banda Aceh yang memikat, jangan ada yang kelewatan ya.

1. Taman Ratu Safiatuddin

Wisata Aceh Taman Ratu Safiatuddin
Wisata Aceh Taman Ratu Safiatuddin, credit: Heikaku

Taman Ratu Safiatuddin berlokasi di Bandar Baru, Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh 24415. Taman ini adalah taman yang punya berbagai jenis rumah ada dari seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Aceh, gak cuma Kota Banda Aceh loh.

Yang keren adalah tempat ini terdapat 23 rumah adat serta baju tradisional yang beragam. Taman ini juga dijuluki dengan Taman Mininya Aceh, versi kecil dari keseluruhan Provinsi Banda Aceh.

Wisata Aceh Taman Ratu Safiatuddin
Wisata Aceh Taman Ratu Safiatuddin, credit: Portal Satu

Fasilitas yang ada di tempat ini juga banyak, seperti toilet umum, tempat sampah, tempat parkir, dan juga musholla untuk beribadah. Kawan turisindo juga bisa pergi ke Masjid Agung Al-Makmur yang lokasinya cukup dekat dari taman ini.

Untuk harga tiket lagi-lagi gak usah khawatir ya karena harganya gratis tis tis, tak dipungut biaya sepeserpun, namun taman ini hanya dibuka sampai maghrib ya.

2. Taman Sari Gunongan dan Pinto Khob

Wisata Aceh Taman Sari Gunongan dan Pinto Khop
Wisata Aceh Taman Sari Gunongan dan Pinto Khop, credit: Publoe Design

Taman Sari Gunongan dan Pinto Khop terletak di Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Baiturahman, Kota Banda Aceh. Gunongan merupakan salah satu bangunan yang tersisa peninggalan sultan Iskadar Muda (1607-1636), menurut sejarah alasan di bangun gunongan atas landasan cinta (simbol cinta) Sang Sultan Iskandar Muda kepada Putroe Phang (Putri Kamaliah) yang berasal dari Negeri Pahang (Malaysia).

Wisata Aceh Taman Sari Gunongan dan Pinto Khop
Wisata Aceh Taman Sari Gunongan dan Pinto Khop, credit: KSM Tour

Sedangkan Pinto Khop merupakan pintu penghubung antara istana dan taman putroe phang.Pinto khop ini merupakan pintu gerbang berbentuk kubah.Pinto khop ini juga merupakan tempat beristirahat putri pahang setelah lelah berenang, letaknya tidak jauh dari gunongan.

Untuk masuk kesini kamu tidak perlu membayarkan sepeserpun alias gratis, namun kamu jangan sampai mengotori wilayah ini ya.

3. Pantai Ulee Lheue

Wisata Aceh Pantai Ulee Lheue
Wisata Aceh Pantai Ulee Lheue, credit: Warta Wisata ID

Pantai Ulee Lheue ini adalah pantai yang terparah di Provinsi Aceh ketika terjadi bencana pada 26 Desember 2004 lalu. Walaupun sempat menghancurkan hampir seluruh desa yang ada disekitaran pantai, destinasi wisata ini tetap saja memancarkan pesona indah yang memanjakan mata kawan turisindo.

Disaat pantai lain memiliki pasir yang berwarna putih, pantai ini memiliki warna pasir yang berbeda. Warna pasir di Pantai Ulee Lheue ini adalah coklat.

Wisata Aceh Pantai Ulee Lheue
Wisata Aceh Pantai Ulee Lheue, credit: Batari Tour

Pulau ini adalah salah satu primadona karena memiliki arus yang tenang dan juga memiliki cukup fasilitas hiburan untuk para wisatawan yang datang. Yang keren lagi, banyak pedagang jadung bakar di sepanjang pantai yang cocok banget kamu nikmati sambil menunggu senja.

4. Pantai Lampuuk

Wisata Aceh Pantai Lampuuk
Wisata Aceh Pantai Lampuuk, credit: Barry Kusuma

Pantai Lampuk berlokasi di Jl. Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Kec. Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23353, Indonesia. Pantai ini terkenal dengan keindahan sunsetnya. Cukup dekat dari kota kurang lebih 30-45 menit saja.

Wisata Aceh Pantai Lampuuk
Wisata Aceh Pantai Lampuuk, credit: Indonesia Kaya

Di Banda Aceh, pantai ini terkenal dengan keindahan sunsetnya, matahari yang terbenam terlihat jelas dengan warna oranye dan hamparan pasir cantik yang ada di lokasi ini.

Wisata Aceh Pantai Lampuuk
Wisata Aceh Pantai Lampuuk, credit: Pegipegi

Dengan tebingnya yang menawan dan pasir pantainya yang putih, lokasi ini sangat cocok untuk tempat pengambilan foto, apalagi untuk kamu yang suka update foto di instagram. Tebing itu terbentuk dari terumbu karang melalui proses yang berlangsung konstan dalam kurun beberapa juta tahun lamanya.

Wisata Aceh Pantai Lampuuk
Wisata Aceh Pantai Lampuuk, credit: Seulanga Travel

5. Pantai Lhok Mee

Wisata Aceh Pantai Lhok Mee
Wisata Aceh Pantai Lhok Mee, credit: Pegipegi

Pantai Lhok Mee berlokasi di Lamreh, Mesjid Raya, Aceh Besar Regency, Aceh. Pantai Lhok Mee hanya berjarak 2 km dari pelabuhan Malahayati, atau 40 km dari Kota Banda Aceh.. Pantai ini memiliki ciri khas yaitu pasir putih yang lembut dan juga air laut yang sangat jernih menyerupai kristal. Tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, terutama warga Aceh sendiri.

Yang bikin memikat adalah di pantai ini memiliki pepohonan yang tumbuh di dalam air dan dikenal dengan nama pohon Geurumbang. Para pengunjung yang datang ke tempat ini juga bisa memanjat pohon ini dan menikmati pemandangan yang ada disekitar.

Wisata Aceh Pantai Lhok Mee
Wisata Aceh Pantai Lhok Mee, credit: Traveling Yuk

Oleh karena air laut yang sangat bening dan jernih, pantai ini cocok banget untuk kalian yang senang snorkeling. Di tempat ini juga terdapat Bukit Soeharto loh, dan memang ada pengaruh presiden Soeharto saat beliau punya program penghijauan pada masa pemerintahannya.

6. Pantai Lhoknga

Wisata Aceh Pantai Lhoknga
Wisata Aceh Pantai Lhoknga, credit: Plancong

Pantai Lhoknga ini juga tidak jauh dong dari Kota Banda Aceh. Yang unik adalah orang mengenal pantai ini dengan lapangan golf, aktivitas surfing di laut, dan juga aktivitas memancing. Surga banget buat kamu yang suka surfing.

Wisata Aceh Pantai Lhoknga
Wisata Aceh Pantai Lhoknga, credit: Merah Putih

Ombak yang besar dipantai ini memang besar, maka dari itu cocok untuk kamu yang punya hobi berselancar disini, bahkan sudah terkenal diantara komunitas selancar internasional loh.

Wisata Aceh Pantai Lhoknga
Wisata Aceh Pantai Lhoknga, credit: Indonesia Kaya

Untuk kalian yang punya pasangan, tempat ini juga cocok loh untuk kalian berjemur dan menunggu terbenamnya matahari, untuk bulan madu juga cocok banget, tunggu apalagi kawan turisindo, ayo kesini.

7. Air Terjun Pekan Bilui

Wisata Aceh Peukan Bilui
Wisata Aceh Peukan Bilui, credit: IDN Times

Air Terjun Pekan Bilui berlokasi di Lamsod, Darul Kamal, Aceh Besar Regency, Aceh 23238. Tidak usah khawatir, lokasinya tidak jauh kok dari Kota Banda Aceh. Arahnya ada di Selatan Kota Banda Aceh dan dekat dengan hulu sungai Seunong Bate Doeng, dimana air terjun ini berada.

Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang dijamin bikin kamu takjub seperti pemandangan desa, sawah, sampai jajaran bukit barisan loh.

Wisata Aceh Peukan Biluy
Wisata Aceh Peukan Biluy, credit: Wisato ID

Yang bikin keren lagi adalah disini kamu bisa banget mancing di area hilir air terjun dimana memang banyak sekali jenis ikan air tawar yang siap dipancing. Gimana? mancing mania mantap kan?

8. Air Terjun Kuta Malaka

Wisata Aceh Air Terjun Kuta Malaka
Wisata Aceh Air Terjun Kuta Malaka, credit: Adi Warsidi

Air Terjun Kota Malaka ini berlokasi disekitaran Kota Banda Aceh, tidak jauh dari pusat kota tentunya. Air terjun ini memiliki tujuh tingkat loh dan berada di bukit Kuta Malaka yang memang lokasinya sebenarnya masih agak terpencil.

Kamu butuh tenaga ekstra jika liburan ke tempat ini, namun walaupun begitu, air terjun ini tetap memikat kok. Kamu harus menapaki 412 anak tangga dan melewati area hutan untuk menuju lokasi air terjun ini.

Wisata Aceh Air Terjun Kuta Malaka
Wisata Aceh Air Terjun Kuta Malaka, credit: Aceh Tourism

Jika dalam perjalanan kamu menghadap ke arah timur, kamu akan diberikan pemandangan dengan panorama alam khas Provinsi Aceh dan Selat Malaka. Pokoknya tempat ini benar-benar bikin kamu kehilangan stress yang ada di pikiran deh, kalah deh sama tinder dijamin.

9. Museum Tsunami Aceh

Wisata Aceh Museum Tsunami Aceh
Wisata Aceh Museum Tsunami Aceh, credit: Good News For Indonesia

Museum Tsunami Aceh berlokasi di Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116. Museum ini memang dirancang sebagai monumen yang melambangkan suatu kejadian bencana besar yaitu gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia yang terjadi pada tahun 2004.

Yang menjadi keren adalah tempat ini juga digunakan sebagai pusat pendidikan bencana alam dan juga tempat perlindungan darurat jika memang kejadian hebat seperti tsunami itu terjadi lagi.

Wisata Aceh Museum Tsunami Aceh
Wisata Aceh Museum Tsunami Aceh, credit: Genpi.co

Tempat ini juga pernah menerima beberapa penghargaan loh. Adalah Komunitas Jejak Langkah Sejarah (Jelajah) yang menobatkan Museum Tsunami Aceh sebagai museum terpopuler di Indonesia pada tahun 2018. Museum Tsunami Aceh terpilih sebagai museum terpopuler dari 400 museum di Indonesia yang masuk ke kategori.

Untuk tiket masuk tidak mahal kok, kamu hanya perlu membayarkan skitar 5-10 ribu saja tergantung waktu kedatangan kamu ke lokasi tersebut, murah kan?

10. Museum Negeri Aceh

Wisata Aceh Museum Negeri Aceh
Wisata Aceh Museum Negeri Aceh, credit: Universitas Abulyatama

Museum Negeri Aceh berlokasi di Jl. Sultan Mahmudsyah No.10, Peuniti, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116. Museum ini merupakan etnografi (Etnografi adalah metode penelitian dikembangkan dalam bidang ilmu sosiologi dan antropologi kultural sejak abad 20) dari keseluruhan suku bangsa asli yang tinggal di Provinsi Aceh.

Wisata Aceh Museum Negeri Aceh
Wisata Aceh Museum Negeri Aceh, credit: Irfan ID

Yang memikat dari lokasi ini adalah usi yang sudah sangat tua, karena memang museum ini duah berdiri sejak tahun 2915 loh, dimana pada mas itu adalah masa pemerintahan Hindia Belanda. Museum ini juga satu-satunya museum yang punya visi misi.

VISI: Museum Aceh pelestari warisan budaya, jendela budaya, lembaga edukatif kultural rekreatif, dan objek wisata utama

MISI: PERTAMA, Melestarikan warisan budaya, nilai-nilai budaya, dan nilai-nilai Dinul Islam dalam kehidupan masyarakat. KEDUA, Memberikan informasi budaya dalam rangka edukatif kultural rekreatif bagi masyarakat.

Bangunan ini berbentuk seperti Rumoh Aceh (Rumah Adat Aceh) yang memang punya nilai filosofi Islam. Di dalam tempat ini terdapat koleksi yang memang terkenal seperti Lonceng Cakra Donya yang mana umurnya sudah 1.400 tahun lebih. Koleksi museum Aceh juga tergolong atas tiga klasifikasi besar, yaitu koleksi anorganik, organik dan campuran. Klasifikasi tersebut terbagi lagi dalam 10 jenis disiplin ilmu.

Nah, dari sekian banyak ulasan di atas mengenai destinasi wisata di Kota Banda Aceh, menurut kamu mana yang paling kamu rekomendasikan jika ingin berlibur ke sana dengan keluarga, ataupun pasangan? silahkan komeng, eh komen di bawah ini ya.

Continue Reading

Facebook

Timeline

Kenalan Yuk!

Trending

Copyright © 2020 Turisindo.com