Connect with us

Sumatera

Wisata Ke Alahan Panjang, Miniatur Eropa di Tanah Minang

Siapa yang tidak mau berlibur ke Eropa? Tentu saja semua pasti mau. Bagaimana jika di Indonesia punya tempat wisata yang terasa seperti Eropa? Ya. Alahan Panjang adalah tempatnya. Merupakan salah satu dari empat nagai yang ada di wilayah Kecamantan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, tempat ini menjadi favorit para turis lokal, maupun internasional.

Danau Kembar di Alahan Panjang, Sumatera Barat
Danau Kembar di Alahan Panjang, Sumatera Barat

Empat nagari yang yang dimaksud adalah:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Nagari Simpang Tanjung nan IV, Kecamatan Danau Kembar.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Nagari Air Dingin
  • Sebelah timur berbatasan dengan Nagari Salimpat
  • Sebelah Barat berbatas dengan Nagari Sungai Nanam

Tempat ini merupakan “sesuatu” di ranah Minang dan memang seluruh pemandangannya persis seperti ada di Eropa. Dengan hawa dingin yang menusuk ke dalam tubuh kita, dan jalanan yang berbelok meliuk seperti jalanan yang berada di Eropa, membuat kita yang berwisata kesana benar-benar merasakan ke-Eropa-an Minang.

Danau Diatas
Danau Diatas

Perjalanan dari Kota Bukittinggi ke Alahan Panjang itu sendiri kurang lebih 3 jam untuk perjalanan darat, bisa menggunakan mobil pribadi, atau menggunakan jasa penyewaan yang ada disana. Tempat ini terkenal dengan suhunya yang paling dingin didaerah Sumatera Barat.

Kampung ini terletak di kaki Gunung Talang yang memang juga merupakan salah satu bagian dari gugus Bukit Barisan yang tepatnya ada di lereng bagian timur kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Ketinggian yang ada di kampung ini berada di sekitar 1.400 – 1.600 meter di atas permukaan laut, atau sekitar 65 kilometer dari kota pusat, yaitu Kota Padang.

Alahan Panjang Resort
Alahan Panjang Resort

Yang paling keren dari tempat ini adalah, ketika pagi datang, dan kita disuguhkan oleh pemandangan yang sangat indah, benar-benar Eropa dari ranah Minang. Beberapa penginapan ada disekitaran tempat wisata yang bisa disewakan untuk harian. Disekitaran tempat wisata itu juga terdapat sebuah danau kecil membiru yang dikelilingin dereta pohon pinus.

Di lereng beberapa bukit kecil disana, kita juga bisa melihat aneka tanaman dan sayuran serta palawija yang menghijau. Aneka warna tanaman tersebut yang memang ditanam oleh penduduk di sana yang memang sebagai mata pencaharian utama mereka sebagai petani, terlihat sekali seperti karpet yang terlihat dari jarak jauh.

Kebun Teh di Alahan Panjang
Kebun Teh di Alahan Panjang

Pemandangan indah lainnya juga kita bisa lihat di perkebunan teh Kayu Aro, yang mana memang perkebunan ini sangat terkenal dan dinikmati oleh masyarakat Sumatera bagian tengah. Hamparan tersebut kita bisa lihat sangat bergelombang naik dan juga turun mengikuti bentuk dan kontur bukit-bukit yang ada di sana.

Yang lebih bikin takjub lagi adalah ternyata disekitaran tempat ini, tidak hanya ada satu danau, melainkan ada lagi dua danau kembar yang terlihat dari kajauhan. Danau tersebut diberi nama oleh masyarakat setempat sebagai Danau Diatas dan Danau Dibawah. Nama yang unik memang.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bengkulu

Galeri Foto Tempat Wisata di Bengkulu

Pantai Tapak Paderi, photo by Harian Bengkulu
Continue Reading

Bengkulu

10 Tempat Wisata Keren di Bengkulu yang Cocok Untuk Pemotretan

Untuk kalian yang belum tahu, Bengkulu adalah Ibu Kota dari Provinsi Bengkulu, dimana daerah ini merupakan kota terbesar kedua di pantai barat Pulau Sumatra setelah Kota Padang.

Tempat Wisata Keren di Bengkulu yang Cocok Untuk Pemotretan
Tempat Wisata Keren di Bengkulu

Dengan jumlah penduduk lebih dari 300 ribu, banyak sekali tempat wisata yang bisa dikelola dan dijadikan tempat atau objek wisata yang mengundang para turis lokal maupun turis internasional untuk datang berkunjung dan berfoto serta melakukan pemotretan untuk tempat wisata di daerah Bengkulu ini.

So, kita langsung bahas aja ya 10 tempat wisata keren di Kota Bengkulu yang cocok banget untuk pemotretan.

  1. Pantai Pasar Bawah

Pantai Pasar Bawah, photo by Fenny Blog
Pantai Pasar Bawah, photo by Fenny Blog

Pantai Pasar Bawah atau lebih sering disebut masyarakat dengan Pantai Duayu Sekundang ini adalah salah satu tempat wisata di Bengkulu yang sangat mempesona. Dengan banyaknya batuan halus berbentuk elips sangat cocok banget untuk kalian yang ingin melakukan pemotretan dengan efek ombak serta percikan air yang membentur bebatuan disekitaran pantai ini.

Lokasi: Pantai Pasar Bawah, Manna, Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Jam Operasional: 08.00 – 19.00

  1. Meriam Honisuit

Meriam Honisuit, photo by Indonesia Heritage
Meriam Honisuit, photo by Indonesia Heritage

Dari namanya saja kita sudah bisa tahu bagaimana gambaran dari tempat ini. ya, Meriam Honisuit ini merupakan ikon dari Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kisahnya pada zaman terdahulu bahwa Jepang membawa meriap ini ke Kabupaten Bengkulu Selatan saat masa penjajahan.

Tempat ini cocok sekali untuk pemotretan karena bentuk meriam yang sangat besar dan punya nilai sejarah yang besar. Tak hanya pemotretan, banyak wisatawan yang datang kesini melakukan foto selfie dengan meriam ini.

Lokasi: Jln. Raya Padang Panjang, Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu
Harga Tiket Masuk: Gratis
Jam Operasional: 24 Jam

  1. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno, photo by Boombastis
Rumah Pengasingan Bung Karno, photo by Boombastis

Rumah Pengasingan Bung Karno ini berada di jantung Kota Bengkulu dan rumah ini merupakan saksi bisu cinta Soekarno terhadap Bangsa Indonesia. Rumah ini termasuk kedalam nominasi situs wisata sejarah di Bengkulu terpopuler Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 yang digelar Kementerian Pariwisata (sekarang Kemenparekraf).

Tempat ini cocok sekali untuk para talent dann fotografer yang ingin melakukan pemotretan dengan onsep klasik dengan bentuk desain rumah dan sekitaran tempat ini yang sangat klasik.

Lokasi: Kel. Anggut Atas, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu
Jam Operasional: 08.00 – 17.00
Harga Tiket Masuk: Rp 3.000 untuk Dewasa, Rp 2.000 untuk Anak-Anak

  1. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi, photo by Harian Bengkulu
Pantai Tapak Paderi, photo by Harian Bengkulu

Yang paling terkenal dari Pantai Tapak Paderi ini adalah pesona keindahan sunset dari Kota Bengkulu yang sangat indah. Kalian yang berkunjung ke tempat ini akan menikmati warna oranye di sore hari. Pantai ini terlihat sangat megah, walaupun emmang usia pantai ini sudah sangat tua.

Untuk pemotretan, tempat ini sangat cocok untuk menjadi background foto bagi kalian yang suka berfoto dengan objek pantai, laut, bebatuan, maupun dengan sunset dari matahari yang terlihat jelas di tempat ini.

Lokasi: Kebun Keling, Teluk Segara, Kota Bengkulu, Prov. Bengkulu 38115.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Jam Operasional: 07.00 – 22.00

  1. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough, photo by Duta Warta
Benteng Marlborough, photo by Duta Warta

Benteng Marlborough ini memiliki nilai sejarah yang sangat besar dimana pada saat penjajahan terdahulu, Benteng ini menjadi saksi saat kolonial Inggris datang ke Indonesia.

Yang bikin takjub adalah potongan koran bersejarah yang ada di benteng ini masih tersimpan dengan sangat rapi di dalamnya, dikelola oleh pengelola benteng ini.

Untuk kamu yang suka banget motret, tempat ini cocok banget buat kamu yang ingin berfoto dengan latar belakang dengan konsep peperangan.

Lokasi: Jl. Benteng, Kebun Keling, Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu 38119
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

  1. Air Terjun Batu Layang

Air Terjun Batu Layang, photo by praga
Air Terjun Batu Layang, photo by praga

Air Terjun Batu Layang memiliki pemandangan yang sangat indah dan suasana yang sangat sejuk. Lokasi ini terletak di daerah Bengkulu Utara, tepatnya di Desa Batu Layang dan berjarak 55 kilometer dari pusat Kota Bengkulu.

Air terjun ini memiliki ketinggian 60 meter dan memiliki pesona yang membuat wisatawan ingin berbasah-bassahan di tempat ini.

Tempat ini cocok sekali untuk dijadikan lokasi pemotretan, cuma alangkah lebih mudah jika kamu mengunjungi tempat ini bukan di peak season, karena lebih enak pemotretan dilakukan saat kondisi atau tempat sedang sepi sehingga leluasa untuk melakukan pemotretan.

Lokasi: Desa Batu Layang, Hulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Jam Operasional: 24 Jam

  1. Pantai Muara Ketahun

Pantai Muara Ketahun, photo by bloqs
Pantai Muara Ketahun, photo by bloqs

Pantai Muara Ketahun adalah salah satu objek wisata pantai di Bengkulu yang wajib dikunjungi dalam daftar Wisata Bengkulu-mu. Jika kamu mencari suasana tentram dan romantis, datanglah ke pantai ini saat sunset karena dijamin pengalamanmu disini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Selain tempat ini cocok untuk honeymoon para pasutri(pasangan suami istri) baru, tempat ini juga sangat cocok sekali untuk dijadikan lokasi pemotretan.

Lokasi: Jalan Raya Lintas Barat Sumatera No.100, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Jam Operasional: 24 Jam

  1. Pulau Enggano

Pulau Enggano, photo by Blogkita
Pulau Enggano, photo by Blogkita

Ini bukan Enggak atau No jadi disebut Enggano ya. Pulau Enggano ini adalah salah satu objek wisata yang luar biasa keren karena punya daya tarik tersendiri dengan warna air laut yang hijau kebiruan yang membuat mata kita takjub.

Indonesia tanah surga, itulah yang akan kalian semua pikirkan ketika menginjakkan kaki di Pulau Enggano. Terletak di laut sejauh 15 kilometer dari Kota Bengkulu, kamu bisa ke Pulau Enggano menggunakan kapal dengan tarif Rp 600.000 pulang pergi. Atau, kamu juga bisa terbang menggunakan pesawat Susi Air dengan tarif yang sama.

Tentu saja tempat ini cocok sekali untuk melakukan pemotretan. Pinggiran pulau dengan bebatuan karang yang indah dan warna laut yang sangat indah, cocok sekali untuk pemotretan.

Lokasi: Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Ongkos: Rp 600.000 PP untuk ongkos kendaraan
Jam Operasional: 24 Jam

  1. Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci, photo by Pariwisataku
Pantai Sungai Suci, photo by Pariwisataku

Pantai Sungai Suci ini adalah salah satu tempat tersembunyi yang punya daya tarik tersendiri. Objek wisata ini terletak di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke pantai ini. Jika kamu adalah kolektor batu akik (batu cincin), kamu bisa banget mengunjungi Pantai Sungai Suci ini karena cukup banyak bertebaran batu akik di sepanjang pantai.

Yang bikin keren adalah kita dapat merasakan sensasi menyebrangi lautan dengan jembatan yang dibuat atas swadaya warga sekitar. Untuk para fotografer tempat ini cocok banget untuk diexplore.

Lokasi: Desa Pasar Pedati, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.
Harga Tiket: Gratis; Rp 5.000 per orang jika menyebrangi jembatan gantung
Jam Operasional: 24 Jam

  1. Lubuk Supit

Lubuk Supit, photo by Flickr
Lubuk Supit, photo by Flickr

Lubuk Supit ini merupakan objek wisata yang terletak di Bengkulu Selatan dan sebenarnya masih baru. Tapi bagi Masyarakat Bengkulu, kawasan Lubuk Supit sudah cukup dikenal.

Lubuk Supit akan terlihat mirip dengan destinasi wisata Jawa Barat yaitu Green Canyon. kamu bisa merasakan sensasi berenang sambil menikmati suasana yang sejuk dan tenang disini.

Untuk para fotografer basah yang suka memotret dengan efek air, tempat ini cocok banget untuk dijadikan tempat pemotretan dengan objek model atau alam terbuka.

Lokasi: Desa Sukarami, Kecamatan Air Nipis, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu.
Harga Tiket: Gratis
Jam Operasional: 24 Jam

Nah, dari 10 tempat wisata yang kita bahas di atas, apakah ada yang sudah pernah kalian kunjungi? atau tempat wisata mana yang akan kamu kunjungi untuk pertama kali ketika datang ke Kota Bengkulu?

Continue Reading

Sumatera

Wisata Pulau Samosir, Sumatra Utara

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 Turisindo.com